Sukses

Daftar Makanan Laut Pengganti MSG

Terdapat puluhan bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti MSG, di antaranya gurita, cumi, dan tiram.

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya ada puluhan bahan makanan yang bisa dijadikan pengganti MSG untuk menyedapkan makanan. Kita tetap mendapatkan citarasa gurih seperti menggunakan 'micin' meskipun hanya sekadar mencampurkan bahan-bahan tersebut ke dalam masakan.

Seperti halnya membuat kaldu. Memang terasa lebih ringkas jika langsung mencampurkan MSG. Namun, bisa juga menggantinya dengan tulang sapi atau ayam.

"Jika ada campuran rasa yang kompleks dari berbagai makanan yang mengandung asam amino, pasti bisa menciptakan kaldu gurih," kata Prof Purwiyatno Hariyadi, Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam sebuah diskusi yang diadakan PT Ajinomoto Indonesia di Sunter, Jakarta Utara pada Kamis, 29 Maret 2018.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gurih seperti MSG bisa dihadirkan lewat makanan ini

Bahan-bahan makanan yang bisa menggantikan kegunaan MSG di antaranya ayam, sapi, dan udang. Bisa juga diperoleh dari sayuran hijau dan seafood seperti gurita, cumi, tiram, kombu laut, bonito kering, dan sarden kecil kering.

Selain itu, rasa gurih atau umami yang dihasilkan ketika menggunakan MSG bisa juga dari aneka jamur, bawang-bawangan, rempah, dan bumbu-bumbu dapur seperti terasi dan tauco.

Bahkan, sayuran seperti brokoli, sawi putih, kacang, kentang, daun bawang, seledri, tomat, dan asparagus.

"Makanan yang biasa disantap orang Eropa, seperti keju, juga bisa dijadikan pengganti," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini