Sukses

6 Tahap Meditasi Berjalan yang Ampuh Redakan Stres

Liputan6.com, Jakarta Meditasi tidak hanya bisa dilakukan dengan duduk bersila. Tahukah Anda jika meditasi ternyata juga bisa dilakukan sambil berjalan?

Ted Meissner, guru pengurangan stres berbasis kesadaran, mengatakan, pikiran hanya bisa fokus pada satu tugas rumit di satu waktu. Jadi, dengan memberikan perhatian penuh ke suatu hal ketika berjalan, hal tersebut mampu menghilangkan rasa stres dari kepala.

"Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika meditasi berjalan. Dari kesadaran kecil ketika mendaki atau jalan-jalan dengan anjing, atau dengan latihan meditasi yang formal," kata Meissner seperti dikutip dari Prevention, Sabtu (24/2/2018).

Meskipun begitu, meditasi berjalan bukan untuk membawa diri agar berjalan "auto-pilot", namun untuk memberikan pengalaman indrawi yang lebih.

Meissner menambahkan, untuk mencoba meditasi yang tidak biasa dan lembut, cobalah dengan berjalan. Biarkan diri Anda untuk tidak melakukan apapun. Hanya menyadari apa yang ada di sekitar Anda dan di dalam diri sendiri.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

2 dari 3 halaman

Tahap-tahap meditasi berjalan

Apabila Anda masih bingung mengenai meditasi berjalan, Meissner memiliki cara untuk mencoba memulainya.

1. Mulailah dengan berdiri

Rasakan diri Anda dan segala sensasi yang bisa ada di lingkungan saat ini.

2. Berikan perhatian pada kaki

Rasakan kontak dengan lantai, sepatu, suhu, atau apapun yang menyentuhnya. Sadarilah semuanya namun jangan memaksakan untuk menemukan kesadaran itu.

3. Berjalan perlahan

Jika tubuh merasa menerima suara, aroma, ataupun masukan lain yang ada di sekitar Anda, mulailah berjalan perlahan.

Sadari berat yang ada di kaki ketika berjalan. Perlahan, gerakkan kaki satunya dengan nyaman dan menapak dengan lembut. Lakukan gerakan berjalan hingga Anda merasakan perasaan tertentu ketika berjalan.

 

3 dari 3 halaman

Menemukan kenyamanan

4. Atur irama napas

Apabila telah menemukan kenyamanan ketika berjalan, mulailah dengan irama napas ketika berjalan. Namun, ini bukan berarti membuat gerakan Anda menjadi lambat.

5. Abaikan jika ada pikiran lain yang mengganggu

Biarkan jika ada pikiran lewat atau orang-orang di sekitar. Kembalilah fokus pada perhatian Anda ke lingkungan atau sensasi lain.

6. Lanjutkan hingga merasa lebih tenang

Terapkan latihan ini dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, di tengah jalanan yang sibuk, Anda bisa menerapkan ini ketika berjalan.