Sukses

Orang Hipertensi Suka Makanan Asin, Penyakit Jantung Mengintai

Liputan6.com, Jakarta Garam termasuk salah satu pemicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi orang dengan hipertensi, asupan garam yang tinggi perlu dihindari.

Ada bahaya mengerikan bila asupan garam tetap tinggi pada orang hipertensi. Arieska Ann Soenarta, spesialis jantung dari Indonesian Society of Hypertension (InaSH) mengungkapkan jika asupan garam tetap tinggi, maka penyakit jantung koroner dan kardiovaskular meningkat.

"Jadi, bukan benar-benar menghindari penggunaan garam atau tidak boleh konsumsi garam. Bukan seperti itu. Hanya saja, takaran garamnya yang diatur," jelas Ann di kantor InaSH, Jakarta ditulis Jumat (23/2/2018).

Takaran garam terbaik yang direkomendasikan pakar adalah lima gram per hari. "Itu sama saja dengan (takaran) satu sendok teh," lanjut Ann.

Adanya takaran garam tersebut dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrol tekanan darah agar tidak naik.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

1 dari 2 halaman

Efek konsumsi garam berlebih

Ann juga menyebut, beberapa efek konsumsi garam terlalu banyak. "Terlalu banyak (konsumsi) garam juga memengaruhi organ tubuh lainnya. Jantung bisa tambah besar," Ann menambahkan.

Pada akhirnya, orang hipertensi berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, konsumsi garam berlebihan juga bisa mengganggu fungsi ginjal.

Artikel Selanjutnya
Ini yang Akan Terjadi jika Anda Menaruh Garam di Setiap Pojok Rumah...
Artikel Selanjutnya
RI Harus Tuntaskan 3 Kendala Ini agar Swasembada Garam