Sukses

Antibiotik Bisa Merusak Ginjal

Selama ini banyak yang menganggap antibiotik obat yang manjur bisa digunakan untuk segala macam penyakit. Padahal antibiotik adalah obat keras yang hanya bisa digunakan dengan resep dokter.

Liputan6.com, Jakarta: Tahukah Anda antibiotik selain mebunuh bakteri jahat juga bisa membunuh bakteri baik yang ada di dalam tubuh kita? Pemberian antibiotik secara berlebihan bisa menyebabkan bakteri yang tidak terbunuh mengalami mutasi dan menjadi kuman yang kebal. Antibiotik jika digunakan dalam jangka panjang juga akan merusak ginjal dan organ lainnya.

Celakanya sebagian besar masyarakat bahkan juga tenaga kesehatan masih menganggap antibiotik bisa untuk mengobati segala macam penyakit. Padahal, kata Nasirah Bahaudin, plt Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian, Senin (18/4), antibiotik hanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh mikroba saja.

Penjualan antibiotik seharusnya hanya di apotik. Namun kenyataannya obat ini bisa ditemukan di toko-toko obat bahkan di penjual obat dengan gerobak di pinggir jalan. Jadi bijaksanalah dalam menggunakan obat kimia terutama antibiotik. Jangan gunakan antibiotik kalau tidak diresepkan oleh dokter.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini