Sukses

Serangan Jantung Berbeda dengan Gagal Jantung dan Henti Jantung

Apa perbedaan mendasar antara serangan jantung dan masalah jantung lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung tidak sama dengan henti jantung mendadak. Begitu pula dengan gagal jantung, sudah pasti beda dengan serangan jantung. Dari tanda-tanda dan penangangannya saja sudah berbeda.

Akan tetapi serangan jantung, gagal jantung, dan henti jantung adalah gangguan jantung yang sama-sama memerlukan penangan medis yang cepat.

Untuk lebih mengetahui apa perbedaan di antara ketiga gangguan jantung tersebut, berikut penjelasannya;

1. Serangan jantung

Dalam dunia medis, serangan jantung dikenal dengan istilah sindrom koroner akut. Kondisi ini merupakan suatu keadaan ketika pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan, sehingga aliran darah menjadi terhambat. Aliran darah yang berkurang ini menyebabkan kerusakan jaringan jantung.

Seorang yang mengalami serangan jantung akan mengeluhkan adanya nyeri dada kiri yang menjalar ke tangan kiri. Selain itu, orang tersebut juga akan mengeluhkan adanya sesak napas, keluar keringat dingin, dan perasaan tercekik.

Serangan jantung memerlukan penanganan yang cepat. Jika tidak, kondisi jantung pasien dapat memburuk, bahkan dapat menyebabkan kematian.

dr. Alvin Nursalim/KLIK Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal Jantung

2. Gagal jantung

Gagal jantung adalah keadaan saat jantung tidak dapat melakukan fungsi pemompaan darah dengan baik. Jantung yang tidak dapat memompa darah akan menyebabkan terjadinya penumpukan darah pada ekstremitas (anggota badan, seperti lengan dan tungkai) dan paru.

Kondisi tersebut akan menyebabkan berbagai keluhan pada penderitanya, seperti sesak napas, mudah lelah, dan batuk. Terdapat banyak penyebab gagal jantung, di antaranya adalah diabetes melitus, tekanan darah tinggi, dan gangguan katup jantung.

 

3 dari 4 halaman

Henti Jantung

3. Henti jantung mendadak

Henti jantung mendadak adalah keadaan ketika jantung berhenti berdenyut. Dalam keadaan normal, jantung akan berdenyut dan memompa darah secara ritmik.

Apabila jantung tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, akibat adanya sumbatan pembuluh darah jantung, yang layaknya terjadi pada sindrom koroner akut, maka jantung dapat mengalami gangguan irama jantung. Gangguan irama jantung ini yang dapat menyebabkan henti jantung mendadak.

Apabila seorang mengalami henti jantung, maka tidak ada aliran darah ke berbagai organ vital, salah satunya adalah otak. Henti jantung mendadak memerlukan pemompaan jantung secara manual atau dikenal dengan resusitasi jantung paru (RJP).

 

4 dari 4 halaman

Bedanya Serangan Jantung, Henti Jantung Mendadak, dan Gagal Jantung

Setelah mengerti perbedaan dan bahaya dari ketiga gangguan medis ini, berikan perhatian lebih pada kesehatan jantung Anda, karena jantung merupakan organ vital dan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Jagalah selalu pola makan dan berolahraga secara teratur untuk menjaga fungsi jantung Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini