Sukses

6 Fakta Ratu Jetsun Pema, yang Dijuluki Kate Middleton Asia

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah penelitian, Bhutan adalah negara yang masyarakatnya paling bahagia di dunia. Negara yang terletak di antara India dan Tiongkok itu juga terkenal dengan julukan tempat wisata teraman di dunia. Sudah paling bahagia dan paling aman, Bhutan juga memiliki bidadari yang kecantikannya pun mendunia. Dia adalah Jetsun Pema Wangchuck, yang tak lain adalah ratu termuda di planet ini.

Wanita kelahiran 4 Juni 1990 ini dinobatkan sebagai ratu Bhutan pada tahun 2011. Bayangkan, di usia yang baru 21 tahun, ia telah menjadi ratu dari negeri Naga Guntur. Anak kedua dari lima bersaudara ini diangkat sebagai ratu setelah dinikahi Raja Buthan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, tanggal 13 Oktober 2011. 

Pernikahan mereka akhirnya menjadi royal wedding terbesar dalam sepanjang sejarah negara ini. Kemegahannya sebelas dua belas dengan pernikahan Yoshiki Kuroda dengan Putri Sayako, Pangeran Haji Muhamad Ruzaini dan Putri Hafizah Sururul Bolkiah, Pangeran Felipe dan Putri Letizia, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson, dan lainnya.  

Mari kita kulik bersama fakta menarik di balik keseharian Jetsun Pema Wangchuck yang digadang-gadang sebagai Kate Middleton Asia ini.

 

Simak juga video menarik berikut : 

 

1 dari 7 halaman

Menguasai berbagai bahasa asing

Wanita cantik yang terlahir dari keluarga bangsawan terkenal di dataran Buthan ini merupakan lulusan International Relations dengan minor di psikologi dan sejarah seni dari Regent’s College di London, dilansir dari Pakistan Today.

Berbekal ilmu yang ia pelajari, Jetsun Pema menguasai berbagai macam bahasa. Mulai dari Dzongkha, India, sampai Bahasa Inggris dengan lancar. Bahasa India yang ia kuasai karena ia pernah duduk di bangku sekolah dasar di India. Ia menamatkan pendidikan bangku sekolah menengah atas pada 2008.

 

2 dari 7 halaman

Menjadi ikon fashion

Salah satu yang membuat masyarakat Bhutan bangga adalah sang ratu gemar menggunakan pakaian tradisional dalam setiap acara non formil maupun kenegaraan. Tak heran, Jetsun pema didapuk menjadi ikon fashion oleh warganya.

Coba deh intip aku Instagramnya yaitu @her_majesty_queen_of_bhutan. Ia selalu menampilkan outlook bernuansa cerah. Berbalut kecantikan alami, gaya Ratu Jetsun menjadi inspirasi bagi setiap wanita yang melihatnya.

 

3 dari 7 halaman

Hobi olahraga dan hal berbau seni

Ratu Bhutan ini tak hanya pandai memadupadankan busana, ia juga gemar berolahraga. Salah satu cabor yang ia sukai adalah basket. Bahkan ia juga sempat menjadi kapten tim basket waktu sekolah. Hobi basketnya terus ia lakoni sampai kini. Kalau ada waktu senggang, ia selalu menyempatkan mengeluarkan keringat dengan bermain basket walau hanya sebentar. 

Jetsun Pema juga memiliki hobi melukis dan seni rupa. Ia juga pintar berdansa. Tak heran kalau talenta seninya juga membuatnya suka musik, konkretnya ia juga melampiaskan hobinya dengan bermain band, dinukil dari Thefamouspeople.

 

4 dari 7 halaman

Eksis di Sosial Media

Segala foto yang diposting Jetsun Pema di sosmed pasti mencuri perhatian. Akun IG sang ratu telah diikuti lebih dari 83 ribu orang. Setiap foto yang ia posting diikuti 3-8 ribu tanda loves. Ia memulai aktivitas sharing foto di Instagram sejak 4 Juni 2015. Tahu enggak kalau sang ratu begitu mencintai suaminya. Satu-satunya akun IG yang ia follow adalah akun belahan jiwanya, @his_majesty_king_of_bhutan

Namun followers sang Ratu 2 kali lipat lebih banyak ketimbang sang Raja yang baru mencapai 48 ribu. Sementara followers Jetsun Pema telah melebihi 83 ribu orang. Tak hanya foto, Jetsun juga beberapa kali nge-share video kegiatan kerajaan yang dijuluki The Last Shangrila.

 

5 dari 7 halaman

Menjadi ibu dan istri yang baik

Ketangguhan Jetsun Pema bisa ditelusuri dari sejarah kelahirannya. Ia lahir dari anak kedua dari lima bersaudara. Artinya ia mempunyai kakak dan 3 orang adik. Anak dari pasangan Dhondup Gyaltshen dan Aum Sonam Choki ini berhasil memikat hari Raja Bhutan yang bertahta sejak tahun 2008. Usia Raja dan Ratu Bhutan ini terpaut jauh, jadi besar kemungkinan pernikahan mereka terlindung dari konflik.

Mengutip dari South China Morning Post, Raja Jigme berusia 10 tahun lebih tua dari Jetsun Pema. Mereka sangat menikmati kehidupan pernikahan mereka. Kebahagiaan pasangan ini lengkap setelah mereka dikaruniai anak laki-laki tampan bernama Gyalsey Jigme Namgyel yang lahir pada 5 Febuari 2016.

 

6 dari 7 halaman

Aktif organisasi dan kepedulian tinggi pada sesama

Jetsun Pema tidak hanya cantik, tapi juga berhati mulia. Ia turut aktif pada berbagai organisasi sosial dan lingkungan. Ia adalah pembina berbagai organisasi seperti Royal Society for Protection Nature, Ability Bhutan Society (organisasi untuk anak-anak berkebutuhan khusus), Bhutan Kidney Association dan Bhutan Kidney Foundation.

Ia juga ditunjuk menjadi Duta Ozone untuk Program Lingkungan PBB (UNEP). Pada tahun 2016, Ratu Bhutan ini ditunjuk sebagai presiden Bhutan Red Cross Society. Selain itu, ia juga berperan aktif mendorong tumbuhnya kewirausahaan dan proyek-proyek ekonomi di Bhutan.