Sukses

Jus Mentimun Bisa Bantu Kontrol Tekanan Darah?

Liputan6.com, Jakarta Jus mentimun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda jika minum jus mentimun juga dapat membantu mengontrol tekanan darah?

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya akibat konsumsi garam berlebih. Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari, seperti dikutip dari laman Step to Health, Kamis (14/12/2017).

Salah satu cara untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah adalah dengan minum jus mentimun secara rutin. Mentimun diketahui mengandung serat, magnesium dan potassium yang dapat membantu menurukan tekanan darah.

Selain mengontrol tekanan darah, jus mentimun juga memiliki manfaat kesehatan lainnya sebagai berikut.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Mentimun bisa membantu mengatur pH aliran darah berkat sifat basa yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan ketidakseimbangan pH seperti penuaan dini, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Menurunkan berat badan

Selain memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, konsumsi mentimun juga membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, tekstur jus akan memperlambat proses pencernaan Anda dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga bisa membantu Anda menghentikan hasrat untuk makan dan menjaga berat badan ideal.

Bila dikombinasikan dengan buah dan sayuran lainnya sebagai jus, mentimun lebih efektif membantu membakar lemak, detoksifikasi, dan mempercepat metabolisme.

3. Sumber vitamin B

Mentimun merupakan sumber vitamin B yang penting untuk melancarkan sistem syaraf, meningkatkan tenaga dan melancarkan metabolisme.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Mencegah asam refluks

Mentimun mengandung serat dan air. Rutin minum jus mentimun bisa mengatasi gejala asam refluks dan meningkatkan pH di perut. Selain itu, minum jus mentimun juga bisa melancarkan pencernaan di usus dan mengatasi sembelit.

5. Menurunkan risiko kanker

Menurut sebuah penelitian pada 2016, kandungan cucurbitasin dan lignan dalam mentimun dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi mentimun, risiko terkena berbagai jenis kanker juga bisa diminimalisisr.

6. Mehidrasi tubuh

Aktivitas sehari-hari bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan. Inilah yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Jus mentimun atau air bisa menjadi cara sempurna untuk mengatasi kehilangan cairan ini, karena mentimun mengandung sejumlah besar air dan mineral.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS