Sukses

10 Hari Mandi Air Dingin Bikin Anda Cepat Langsing?

Jika ingin menurunkan badan, para ilmuwan justru menyarankan Anda untuk mandi air dingin

 

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang mulai beralih mandi  air dingin ke air hangat. Hal ini didukung oleh penelitian yang menghubungkan air hangat dengan rendahnya tingkat depresi, kecemasan, radang hingga fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik.

Namun tahukah Anda, jika ingin menurunkan badan, para ilmuwan justru menyarankan Anda untuk mandi air dingin. Kenapa demikian?

Dalam sebuah penelitian di Harvard, suhu dingin disebut bisa meningkatkan aktivasi lemak tubuh yang dapat membakar energi. "Pada orang yang menghabiskan 10 hari berturut-turut mandi air dingin secara signifikan memiliki aktivitas lemak yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah," tulis studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, mengutip Womenshealthmag, Kamis (14/12/2017).

Nitin Kumar, MD, Ahli obesitas dan berat badan di HSHS Medical Group menjelaskan cara kerja mandi air dingin. "Tubuh menyimpan kelebihan kalori dalam bentuk lemak putih. Lemak putih ini lebih banyak ditemukan pada orangdewasa. Namun, tubuh juga memiliki lemak cokelat yang banyak ditemui pada bayi. Dan seiring bertambahnya usia, tingkat lemak cokelat ini menurun sehingga menjadi 'mesin' penghasil kalori."

"Dalam hal ini, air dingin mampu mengaktifkan lemak cokelat. Namun Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mandi di air dingin untuk mendapatkan sedikit manfaatnya," ujar Nitin.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berapa lama mandi air dingin?

Lantas berapa lama tepatnya? Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Investigation, orang-orang yang menghabiskan dua jam per hari mandi dalam suhu 18 derajat celsius bisa kehilangan satu hinga dua pon selama enam minggu.

Kendati demikian, cara ini tidak disarankan para ilmuwan. "Kami belum melihat penelitian lain yang menunjukkan keberhasilan menurunkan berat badan dengan mandi air dingin," kata Spencer Nadolsky, MD, seorang dokter kesehatan keluarga bersertifikat, American Board of Obesity Medicine, dan penulis The Fat Loss Prescription.

"Bagaimana pun, jika Anda ingin mencobanya, lakukan maksimal 10-15 menit. Jika Anda mengalami mati rasa atau kulit menjadi putih pucat atau biru, keluarlah. Begitu pun bila Anda kesulitan bernapas. Ini mungkin terdengar ekstrem, tapi cara menurunkan berat badan dengan mandi air dingin dapat memicu hipotermia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.