Sukses

Bisa Jadi Ini Alasan Sandiaga Uno Harus Pakai Lip Balm

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan alasan mengoleskan pelembap bibir. Sambil berbisik, Sandi mengatakan bibirnya kering kepada awak media saat di Britama Arena Sports Mall pada Selasa, 12 Desember 2017. (Baca: Saat Sandi Pakai Lip Balm di Tengah Wawancara)

Lalu, kenapa sih bisa mengalami bibir kering seperti yang dialami Sandiaga Uno dan banyak dari kita?

Dokter spesialis kulit dan kelamin Rachel Djuanda menyampaikan bahwa kulit manusia secara umum, termasuk kulit bibir, memang selalu mengeluarkan keringat dan minyak. Kondisi tersebut membuat kulit menjadi kering.

Apalagi bila ada faktor pemicu lain membuat bibir makin kering. Salah satunya suhu udara yang dingin seperti musim penghujan saat ini.

"Kekeringan bibir bisa dipicu oleh lingkungan yang dingin," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Rachel Djuanda saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (13/12/2017).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Kebiasaan menjilat bibir

Rachel menambahkan, pemicu bibir kering lainnya adalah kebiasaan menggigit dan menjilat bibir. Saat menjilat bibir mungkin akan merasa bibir basah, padahal air liur yang menguap akan menghilangkan minyak alami kulit.

Faktor pemicu bibir kering lainnya adalah kurang minum. Tubuh yang mengalami dehidrasi ringan atau sedang mengakibatkan bibir kering. Itu sebabnya penting untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh.

Setiap orang memiliki kebutuhan air berbeda-beda. Seorang dewasa dengan aktivitas sedang misalnya, membutuhkan sekitar 7-8 gelas air sehari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video