Sukses

Ibu Harus Miliki Sifat Ini Jika Mau Punya Anak Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu dengan kepribadian terbuka cenderung menumbuhkan lingkungan kreatif bagi anak-anak mereka.

Periset dari universitas di Polandia, yang dipimpin oleh Joanna Martin Kwaśniewska, menyelidiki hubungan antara kepribadian ibu dan bagaimana hal ini memengaruhi kreatifitas anak-anak mereka, seperti dilansir dari laman Independent, Selasa (12/12/2017).

Para periset meneliti lebih dari 3.000 ibu dari seluruh Polandia. Hanya ibu yang menjadi subyek penelitian, karena di Polandia wanita cenderung menjadi pengasuh utama keluarga.

Para peneliti lalu menganalisis sifat dan kepribadian mereka berdasarkan model Big Five Trait. Metode ini berfokus pada lima ciri utama pada khususnya ekstraversi, kesesuaian, keterbukaan, kesadaran dan neurotisme.

Para ibu juga harus mengisi kuesioner yang menilai lingkungan tempat mereka membesarkan anak-anak mereka dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi kemauan anak untuk mengejar usaha kreatif.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Hasil penelitian

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ibu yang menunjukkan keterbukaan mampu menumbuhkan kondisi paling kreatif untuk anak mereka.

"Temuan kami menunjukkan bahwa keterbukaan terhadap pengalaman adalah alat prediksi positif utama bagi ibu yang membentuk pengaruh untuk kreativitas dalam hubungannya dengan anak," tulis para peneliti.

Namun, keterbukaan bukanlah satu-satunya atribut yang ditemukan untuk mendorong kreativitas. Karakteristik penting lainnya adalah ekstraversi, stabilitas emosional dan kesesuaian. Ekstraversi sendiri merupakan sikap atau tipe kepribadian seseorang yang minatnya lebih mengarah ke alam luar dan fenomena sosial daripada terhadap dirinya dan pengalamannya sendiri.

Ibu yang terbuka dan menyenangkan dapat memotivasi anak mereka untuk menjadi inovatif dan belajar dari kesalahan mereka. Selain itu, nampaknya ibu yang memiliki sifat tersebut bisa mendorong anak mereka untuk mencoba hal baru dan berbeda. Seperti mengajari mereka untuk tidak menyesuaikan diri dengan norma, mengajari mereka cara bertahan dan memberi mereka kebebasan berkhayal. Lebih jauh, ibu dengan sifat tersebut juga bisa mengilhami anak untuk berpikir secara lebih luas atau out of the box.

Ibu dan ayah sama, perhatikan. Semua anak memiliki kemampuan untuk mendorong diri mereka secara kreatif, namun lingkungan mereka dapat memainkan peran besar dalam membantu mereka mencapai potensinya.

Artikel Selanjutnya
Orangtua, Ajarkan 3 Hal Ini pada Anak Perempuan
Artikel Selanjutnya
Tya Ariestya Mendidik Putranya dengan Pola Asuh Masa Kini