Sukses

7 Jurus Buang Lipatan Lemak demi Hasilkan Perut Rata Sempurna

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang punya perut buncit itu menggemaskan. Ada juga yang bilang punya perut rata itu membanggakan. Sebenarnya, hal ini kembali ke cara berpikir masing-masing. Yang pasti, lipatan-lipatan lemak di perut hadir karena sudah lama tidak olahraga dan terlalu asyik makan enak.

Dari sisi kesehatan, tentu saja punya perut rata itu lebih indah dan tak rentan terserang penyakit. Kalau ada yang bilang perut gendut bikin gemes, bisa jadi orang itu hanya sekadar menghibur hati Anda. Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk merampingkan lingkar perut?

Ada beberapa jurus yang bisa diterapkan untuk mengembalikan perut rata dan bodi langsing Anda seperti dulu lagi. 

1. Sit-up rutin setiap hari

Olahraga paling sederhana untuk mengurangi lipatan lemak di perut adalah dengan sit up. Selain bisa mengusir tumpukan lemak, sit-up juga bagus untuk mengencangkan otot-otot perut. Coba deh mulai besok Anda lakukan sit-up di waktu pagi, sore, dan menjelang tidur.

2. Jogging teratur 2-3 kali seminggu

Olahraga yang tak perlu biaya sama sekali adalah lari. Ingat ya, lari jarak pendek saja, tidak usah dipaksa maraton. Lari bisa dilakukan selama 30 menit setiap harinya, sebelum berangkat kuliah atau bekerja. Catat ya, lari itu tak perlu dipaksa ngebut, santai saja sambil menghitung kecepatan rata-rata. Kalau sudah mulai teratur, tubuh enggak akan kaget kalau kecepatan larimu pelan-pelan ditambah.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

1 dari 3 halaman

3. Renang bagus untuk menstabilkan pernapasan

Enggak cuma baik untuk pernapasan, berenang juga bisa mengencangkan otot perut. Tak hanya mampu membakar lemak, renang juga bisa mengencangkan otot perut. Renang selalu menjadi patokan olahraga apa pun. Ada baiknya, Anda mengelilingi 4 sisi kolam renang dengan santai. Setelah selesai satu putaran, istirahat selama 45 detik. Ulangi sebanyak 7-8 kali. Lakukan ini secara rutin setiap 2-3 kali seminggu.

4. Ratakan perut dengan gowes sepeda

Bersepeda merupakan salah satu gaya hidup sehat serta baik untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sudah lama memiliki masalah berat badan yang berpusat pada perut buncit, sepeda bisa menjadi salah satu jawabannya. Ketika bersepeda, Anda menggunakan otot terkuat dan terbesar yang Anda miliki yakni otot-otot glueteal, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (8/12/2017).

Melatih otot-otot besar tidak hanya dapat meningkatkan respirasi dan detak jantung, tetapi juga membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen. Hati juga akan melepaskan lebih banyak glikogen dan asam lemak bebas sebagai bahan bakar untuk otot-otot. Inilah yang membuat proses pembakaran lemak pada perut lebih cepat.

5. Ubah pola makan

Banyak orang yang sudah mati-matian olahraga, tapi pola makannya tidak teratur. Habis olahraga berat, lalu balas dendam dengan menyantap nasi 1 bakul besar. Makan berat pun cukup di waktu siang atau sore, sementara pada malam hari cukup konsumsi buah-buahan.

Konsumsi makanan berat  sebelum tidur memang berimbas pada bertambahnya lipatan-lipatan lemak di perut. Kalau perut Anda keroncongan, coba siasati dengan makan buah-buahan segar seperi seperti apel atau pisang. Kedua buah ini juga bisa mengenyangkan perut lho.

 

2 dari 3 halaman

6. Hindari makan junk food dan kebiasaan tidur setelah makan

Biasakan sehabis makan jangan langsung selonjoran terus ketiduran ya. Ada baiknya duduk sebentar atau melaksanakan aktivitas ringan lain seperti membaca artikel menarik seputar kesehatan di liputan6.com misalnya.

Buat yang hobi cemal-cemil dan mengonsumsi junk food, mulai sekarang setop deh. Di balik cemilan manis dan junk food, terdapat kandungan lemak dan kalor yang sangat tinggi. Rasa kenyang yang diberikan pun sementara, paling hanya bertahan 3-4 jam.

7. Istirahat yang cukup

Tak ada solusi paling mujarab dalam mengatasi lelah dan stres selain tidur nyenyak. Percuma rutin olahraga tapi masih hobi begadang. Percuma sudah menjaga pola makan, tapi masih belum mampu mengatasi stres. Jangan lupa perbanyak minum air putih juga ya. 

Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Perutmu Buncit
Artikel Selanjutnya
Cara Praktis Cerahkan Wajah dalam 7 Hari