Sukses

Kapan Baiknya Mulai Menyikat Gigi Bayi?

Liputan6.com, Jakarta Ingat lagu yang kita ajarkan sebagai anak-anak? “Sikat ke atas, sikat ke bawah, sikat bulat dan bulat”. Masih berdering di telinga kita. Namun, apakah Anda ingat pada usia berapa Anda mulai menyikat gigi sendiri?

Banyak orang tidak mengingat hal tersebut. Jadi, ketika harus menyikat gigi bayi Anda, kita selalu bingung kapan waktu yang tepat untuk memulai. Ada juga banyak kesalahpahaman tentang kapan harus mulai menyikat gigi bayi.

Misalnya, beberapa orang memiliki keyakinan bahwa Anda perlu menggosok gigi bayi hanya saat dia pindah ke makanan padat. Ini tidak benar. Ada orang lain yang akan mengatakan bahwa Anda perlu menyikat gigi bayi hanya saat dia mulai tumbuh gigi. Lebih baik ikuti saran para ahli daripada mencari di kegelapan.

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membantu memutuskan kapan Anda bisa mulai menggosok bayi seperti dikutip dari situs Boldsky, Senin (30/10/2017).

Gusi gigi

Tidak ada yang lebih menenangkan gusi tumbuh gigi daripada sikat bayi yang berduri. Sikat gigi bayi kecil yang bisa dipakai pada jari Anda. Gunakan sikat semacam ini untuk menenangkan gusi bayi Anda sebelum tumbuh gigi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

1 dari 3 halaman

Sebelum gigi tumbuh

Sebelum gigi tumbuh

Anda bisa mulai menyikat gigi bayi Anda bahkan sebelum kecambah gigi pertama. Tiga bulan adalah saat yang tepat untuk mulai menyikat gigi sekali sehari. Bayi Anda mengeluarkan air liur banyak selama waktu ini karena proses tumbuh gigi dimulai dari dalam gusi

Dua kali sehari

Biasakan menyikat gigi bayi Anda pagi-pagi dan sebelum dia tidur. Hanya jika Anda menanamkan kebiasaan ini pada anak Anda sejak dini, mereka akan mempertahankannya di kemudian hari.

Membantu proses tumbuh gigi

Menyikat gigi benar-benar membantu bayi Anda untuk mulai tumbuh lebih cepat. Menyikat mengikis getah dan membantu agar gigi mungil pertama tampak lebih cepat dari yang Anda harapkan.

2 dari 3 halaman

Membersihkan lidah

Setelah tumbuh gigi

Setelah gigi pertama bayi Anda tumbuh, Anda harus memfokuskan upaya menyikat gigi dan celah di sekitarnya. Tapi jangan lupa bersihkan gusi bayi Anda juga.

Membersihkan lidah

Hal ini tidak cukup untuk membersihkan gigi bayi Anda, Anda juga harus membersihkan lidahnya. Bayi biasanya memiliki lidah putih saat mereka minum susu. Hal ini menyebabkan semua jenis pertumbuhan bakteri di mulut bayi. Gunakan gliserin untuk membersihkan lidah bayi Anda.

Jangan berlebihan

Jangan menggosok gigi bayi Anda yang baru lahir dan gusi halus dengan kasar. Hal ini dapat menyebabkan memar dan rasa sakit pada si kecil Anda. Gosoklah lembut tapi tegas saat menyikat gigi bayi Anda.

Artikel Selanjutnya
4 Cara Mudah Hindari Bau Mulut Saat Puasa
Artikel Selanjutnya
Tak Sulit Punya Gigi Putih Berkilau seperti Meghan Markle