Sukses

Turun Berat Badan 6 Kg Hanya dengan 30 Menit

Ahli diet dan olahraga terkemuka menemukan cara untuk membantu orang menurunkan berat badan sampai 6 kg hanya dengan 30 menit.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang ingin sebelum Natal berat badan sudah turun tanpa harus berjam-jam di Gym. Kini, berat badan Anda bisa turun 6 kg hanya dengan 30 menit.

Ahli diet dan olahraga terkemuka menemukan cara untuk membantu orang menurunkan berat badan 6 kg dalam dua bulan. Anda hanya mulai aktif hanya dalam 30 menit dalam seminggu.

"Selama dua dekade saya di lapangan, saya telah merancang sebuah rencana untuk membantu orang menurunkan 6 kg, tidur lebih nyenyak, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan bahkan melawan demensia," kata Mike Trenell, profesor bidang studi gerakan dan metabolisme di Newcastle University, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (24/10/2017).

"Itu semua bisa dicapai dengan rencana diet dan kebugaran sederhana yang berfokus pada seperangkat latihan yang bisa Anda lakukan di rumah dalam waktu kurang dari 30 menit seminggu."

Trenell mengatakan, satu kuncinya adalah melakukan latihan singkat yang intens hampir setiap hari.

Inti dari program pelatihan intensitas tinggi interval tujuh menit - yang dikenal dengan HIIT - yang melibatkan aktivitas penuh bolak-balik dengan intensitas tinggi dengan periode pemulihan.

"Manfaat jangka panjang dari latihan interval serupa atau dalam beberapa kasus, lebih baik daripada olahraga aerobik intensitas sedang, durasi yang lebih lama, intensitas sedang," katanya.

Contoh aktivitas penuh yang dilakukan selama sekitar 30 detik sekaligus termasuk push-up, squat, star jump, step-up atau berlari di tempat.

Tujuh latihan tersebut diselingi dengan periode istirahat pendek, yang dimulai pada 50 detik, tapi kemudian dikurangi menjadi 30 detik seiring bertambahnya waktu.

Rezim ini didahului dengan pemanasan 90 detik dan dua menit peregangan untuk mengurangi nyeri otot dan risiko cedera. Namun, Prof Trenell, memperingatkan ini sama sekali tidak tentang olahraga.

"Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ini tentang lebih banyak berolahraga - dan makan lebih sedikit," katanya.

"Apa yang orang cenderung lakukan untuk menurunkan berat badan adalah hanya banyak berolahraga atau diet. Tidak ada pendekatan yang berjalan baik. '

Orang yang banyak berolahraga cenderung asupan makanannya meningkat. "Apabila Anda hanya diet, Anda sama sekali tidak meningkatkan kebugaran Anda."

Dia merekomendasikan untuk menghentikan kue, kue kering, biskuit dan daging olahan - yang semuanya mengandung lemak jenuh tidak sehat - serta sereal sarapan tinggi gula dan roti putih karena ini menyebabkan kadar gula darah meningkat.

"Beralih ke 'makanan pelepasan energi yang lambat', kacang-kacangan dan minyak zaitun, serta membatasi karbohidrat, akan membantu mengurangi makan berlebih dan asupan kalori secara keseluruhan," kata Prof Trenell.

Ia mengatakan penurunan berat badan tergantung pada berat awal dan seberapa keras Anda berusaha.

Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter umum Anda sebelum memulai diet dan rezim latihan baru.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.