Sukses

Minum Air, Rahasia Tetap Segar Meski Kurang Tidur

Liputan6.com, Jakarta Mengerjakan tugas kuliah, menyusun proposal penting, atau tak bisa mangkir dari pesta sampai pagi terkadang membuat kita akhirnya kurang tidur, bahkan tak tidur sama sekali. Tak menjadi soal jika keesokan harinya Anda bisa libur dan tidur seharian. Namun, bagaimana jika Anda dituntut untuk tetap beraktivitas normal seperti hari lainnya?

Mengantuk, lemas, dan suasana hati buruk adalah konsekuensi dari kurang tidur. Meminum kopi untuk membuat terjaga bukan ide baik. Kopi memiliki efek diuretik--membuat Anda kerap berkemih--sehingga menyebabkan dehidrasi. Ini hanya akan membuat Anda semakin merasa tak berenergi.

Solusi untuk mengatasi kurang tidur memang sebaiknya dengan tidur. Namun, jika tak memungkinkan, Anda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah lemas. Minum air dalam jumlah cukup bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga tak dehidrasi, melansir laman Purewow, Kamis (28/9/2017).

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Connecticut menemukan, dehidrasi ringan (yang bisa disebabkan karena Anda menunda minum) bisa memengaruhi suasana hati dan kadar energi secara dramatis. Jadi bila Anda melewatkan minum air, Anda membuat tubuh sulit mengatasi dampak dari kurang tidur.

Meminum segelas air atau infuse water sebelum memulai hari setelah begadang cukup efektif meningkatkan kadar energi tubuh. 

 

Saksikan juga video berikut ini: