Sukses

Jangan Panik, Ini Cara Berikan Pertolongan pada Korban Tersetrum

Saat melihat korban tersetrum, tak sedikit orang yang keburu panik dan telat melakukan pertolongan pertama.

Liputan6.com, Jakarta Saat melihat korban tersetrum, tak sedikit orang yang keburu panik dan telat melakukan pertolongan pertama. Tersetrum bisa berakibat fatal dan berujung kematian yang dikenal dengan electrocution.

Kondisi electrocution membuat sel-sel dalam tubuh pecah sehingga menyebabkan kematian. Seperti dikutip laman Klikdokter.com, Kamis (7/9/2017), sesaat setelah korban tersetrum yang terjadi ialah korban akan terjatuh dan mengalami kontraksi otot yang mengakibatkan kejang.

Tersetrum dapat menyebabkan korban dehidrasi, luka bakar, patah tulang, penggumpalan darah hingga kematian jaringan tubuh. Tak jarang juga tersetrum mengakibatkan gangguan gagal napas, jantung, dan ginjal sehingga berujung kematian.

Berikut enam langkah tepat yang bisa dilakukan saat membantu korban tersetrum.

1. Putus sumber aliran listrik.

2. Hindari menyentuh tubuh korban dengan tangan kosong jika korban masih terhubung dengan sumber listrik.

3. Pindahkan sumber listrik dengan menggunakan alat berbahan dasar kayu atau plastik.

4. Segera hubungi petugas medis dan saat menunggu cermati tanda vital korban.

5. Cek apakah korban masih bernapas atau batuk-batuk.

6. Apakah korban tersetrum dapat bergerak? Jika ya dan ia masih bernapas, pindahkan ke lokasi yang aman. Jika tidak, lakukan resusitasi jantung paru-paru atau cardiopulmonary resusication (CPR).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.