Sukses

5 Menu Cepat Saji Lezat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Saat sahur atau berbuka Anda tetap bisa menikmati hidangan lezat nan cepat, cukup memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Waktu sahur dan berbuka adalah jam-jam krusial untuk menyiapkan makanan apalagi kalau tidak ada ibu atau istri di samping Anda. Ada dua alasan kenapa disebut sebagai jam krusial, saat sahur lagi ngantuk-ngantuknya dikejar-kejar waktu subuh sebagai batas makan dan minum, sedangkan jelang maghrib adalah puncak cobaan melawan segala macam godaan.

Sebenarnya di waktu sahur maupun berbuka Anda tetap bisa menikmati hidangan lezat nan cepat memanfaatkan bahan-bahan makanan yang umum tersedia di dalam kulkas. Apa saja menunya? Simak ulasan berikut ini.

Nasi goreng



Nasi goreng adalah menu andalan bagi Anda yang menginginkan hidangan cepat. Tak perlu jago masak, hanya bermodalkan nasi putih, minyak goreng/mentega, telur, cabai, dan bawang yang ada di kulkas Anda bisa menciptakan nasi olahan lezat. Bila ingin menambah kelezatan dan nilai gizinya tambahkan saja bakso atau sosis sebagai pelengkap.

Telur goreng


Telur goreng bisa disebut sebagai kuliner darurat, bagaimana tidak, dalam waktu 2-3 menit Anda bisa langsung menyajikan telur ceplok bersama nasi putih panas. Bila masih ada sedikit waktu Anda bisa membuat telur goreng yang lebih lezat dengan cara dikocok lalu tambahkan topping seperti daun bawang, bakso, atau sosis.
Tumis kacang panjang

Menumis merupakan metode untuk menghasilkan masakan cepat saji, salah satunya menu tumis kacang panjang. Cukup mencampur bumbu dasar putih (bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, garam, dan gula pasir) dengan kacang panjang kemudian oseng-oseng, angkat. Sajikan dengan nasi putih panas dijamin membuat lidah bergoyang.

Tumis kacang panjang



Menumis merupakan metode untuk menghasilkan masakan cepat saji, salah satunya menu tumis kacang panjang. Cukup mencampur bumbu dasar putih (bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, garam, dan gula pasir) dengan kacang panjang kemudian oseng-oseng, angkat. Sajikan dengan nasi putih panas dijamin membuat lidah bergoyang.

Semur telur

Sesuai dengan namanya, masakan telur semur kecap memakai bahan kecap sebagai bumbunya waktu membuatnya pun cukup singkat. Rasa khas manis dalam telur dihasilkan karena kecap sudah meresap ke dalam telur. Rasanya makin nikmat kala disantap bersama nasi panas yang pulen.

Tumis sosis dan sayuran



Hidangan satu ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang menyehatkan dan juga campuran sosis. Warnanya pun cerah dengan warna-warni dari sosis dan sayuran, soal rasa dijamin pasti nikmat.

Kunci kenikmatan kelima menu di atas apabila disantap bersama nasi panas yang pulen. Membuat nasi yang bertekstur pas memang sederhana tapi bila dibuat secara terburu-buru bisa-bisa cita rasa nasi yang dihasilkan dapat mengecewakan.

Teksturnya bisa kurang matang atau bahkan menjadi terlalu lunak, kalau sudah begitu seenak apapun lauknya makan menjadi kurang nikmat. Bila Anda terbiasa memasak nasi menggunakan rice cooker hanya pilih penanak nasi tersebut memang dirancang khusus menghasilkan nasi pulen.

Pastikan penanak nasi tersebut memiliki fitur 3D Heating (sistem pemanasan tiga sisi) sehingga nasi lebih matang sempurna. Tak hanya itu, penanak nasi tersebut juga harus multifungsi alias bisa difungsikan juga untuk memasak sup dan mengukus kue.

Rice Cooker dengan panci berpola sarang lebah pun bisa membantu memasak lebih cepat karena pola tersebut memungkinkan peningkatan pemanasan di permukaan panci hingga 20%.


Powered by
:

MIDEA

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini