Sukses

Benarkah Jadi Sulit Menurunkan Berat Badan di Usia 30-an?

Jika Anda pikir sulit menurunkan berat badan saat usia menjelang usia 30 tahun, Anda mungkin benar. Namun apa yang bisa dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pikir sulit menurunkan berat badan saat usia sudah 30 tahun, Anda mungkin benar. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan pola hidup sehat dengan aktivitas dan diet yang benar.

Seperti disampaikan pakar dan peneliti kesehatan, Dr Neerav Padliya, kenaikan berat badan memang berkaitan dengan usia. Faktor utama yang sering jadi pemicunya adalah hormon dan kehilangan massa otot.

"Perubahan fisiologis akan terjadi seiring bertambahnya usia. Ada sejumlah alasan mengapa sulit menurunkan berat badan saat tua, mulai dari fluktuasi hormon dan hilangnya massa otot," katanya seperti dilansir Daily Mail, Rabu (5/4/2017). 

Pada pria, kata dia, kadar testosteron yang lebih rendah membuat tubuh lebih mudah menyimpan lemak. Dan hormon ini secara alami menurun sekitar satu persen per tahun setelah usia 30 tahun.

Sedangkan wanita sebenarnya memiliki keseimbangan progesteron dan estrogen. Sayangnya, sejak usia 35 dan seterusnya, kadar kedua hormon menurun, menuju menopause.

Namun, kadar progesteron menurun pada tingkat yang lebih cepat yang menyebabkan jaringan lemak kurang terkendali dari sebelumnya.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan? Neerav memberikan beberapa saran sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga

"Banyak orang semakin tua cenderung fokus pada latihan kardiovaskular, seperti berjalan atau lari. Padahal, mereka harus mulai melakukan latihan ketahanan. Ini lebih penting," ujarnya.

Latihan aerobik misalnya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, latihan ini akan membangun otot dan melindungi diri dari peradangan dan mencegah diabetes. Latihan lain yang bisa dilakukan adalah planking, squats dan bicep curls.

Diet

Menurut Dr Padliya, konsumsi lebih banyak protein sangat penting bagi mereka yang lebih tua untuk membangun otot dan menjaga metabolisme stabil. 

"Protein sangat penting karena zat ini akan mengisi tubuh Anda dengan asam amino untuk memperbaiki dan mengisi kerusakan serta membangun otot," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini