Sukses

Halawa Waxing, Rahasia Kulit Halus Wanita Arab

Ingin coba membuat sendiri ramuan halawa waxing di rumah? Berikut cara membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Selain menghindari paparan langsung sinar matahari, wanita Arab terbiasa melakukan waxing untuk menjaga kelembutan dan kecantikan kulitnya. Waxing adalah menghilangkan bulu-bulu halus di bagian tubuh seperti tangan dan kaki.

Waxing tradisional yang umumnya wanita Arab lakukan secara turun-temurun yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti gula pasir, disebut dengan halawa waxing.

Para wanita Arab percaya, halawa waxing tak membahayakan tubuh dan sangat terjangkau karena hanya terdiri dari campuran gula pasir, air, dan sari lemon. Mengutip laman Girls Cosmo, wax gula ini tak hanya mengenyahkan bulu-bulu halus di tubuh, melainkan juga bisa mengatasi kulit kecokelatan akibat terbakar sinar matahari serta menggangkat komedo.

Sebetulnya wax berbahan utama gula pasir ini di Barat lebih dikenal dengan sebutan "sugaring". Sugaring jauh lebih aman dari waxing karena bahan-bahannya benar-benar alami dan tak menyisakan iritasi setelahnya. Itu pula sebabnya sugaring juga aman digunakan untuk individu berkulit sensitif atau sedang hamil, seperti ditulis laman Style Craze.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

Ingin coba membuat sendiri ramuan halawa waxing di rumah? Berikut cara membuatnya seperti dikutip dari laman Greenprophet, Kamis (2/3/2017):

Bahan

1 cangkir gula pasir
2 sdm air
1,5 sdm sari lemon
1 sdt garam (opsional)

Cara

Campurkan semua bahan dan panaskan di atas api sedang. Biarkan campuran tersebut mengental dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Aduk campuran tersebut untuk memastikan gula telah larut. Campuran akan semakin kental dalam delapan menit. Jangan biarkan cairan menjadi terlalu kental. Kekentalan menyerupai siruplah yang paling sempurna.

Dinginkan cairan waxing selama beberapa saat dengan terus mengaduknya hingga padat. Setelah itu Anda bisa mengambil sebagian dan menempelkan pada bagian tubuh yang diinginkan. Masukkan sisa wax ke dalam kantong plastik dan simpan dalam kulkas. Anda bisa menggunakannya lagi nanti dengan cara kembali memanaskannya agar tidak beku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.