Sukses

Catat, 7 Faktor yang Pengaruhi Sulit Hamil

Liputan6.com, New York- Faktor penyebab sulit hamil ada yang tidak bisa dikontrol seperti genetik, kasus medis, dan usia. Di luar itu, sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat sulit hamil tapi sesungguhnya bisa kita kontrol.

Mulai dari berat badan yang berlebih hingga terlalu sering berhubungan seksual bisa membuat sulit hamil. Selengkapnya seperti mengutip Time, Kamis (9/2/2017).

1. Kelebihan berat badan, baik pada Anda dan pasangan

Hubungan antara kelebihan berat badan dan sulit hamil telah lama diketahui. Namun hasil studi terbaru dari National Institutes of Health menunjukkan, tak hanya wanita yang kelebihan berat badan berdampak pada ketidaksuburan tapi juga pria.

Dalam studi yang diterbikan dalam jurnal Human Reproduction menyebutkan pasangan yang keduanya mengalami obesitas, 59 persen lebih lama bisa hamil."Padahal hanya dengan menurunkan berat badan 3 kg, bisa meningkatkan kesempatan hamil dalam enam bulan ke depan," kata dokter spesialis obstetri dan kandungan Spectrum Health Medical Group, Michigan.

2. Stres berlebihan

Dalam studi di 2014 yang mengikuti kehidupan 400 pasangan, wanita yang stres berisiko tidak subur sehingga sulit hamil. Peneliti tidak mengetahui apa hubungan stres menurunkan kesuburan. Namun jika ingin hamil, cobalah berlatih meditasi dan mindfulness.

3. Olahraga berlebihan

Tak diragukan lagi, olahraga itu penting bagi kesehatan. Dalam studi yang dipublikasikan pada 2012, wanita dengan berat badan normal dan berolahraga berat lima jam selama seminggu, lebih sulit hamil.

2 dari 2 halaman

Hobi makan daging olahan berlebihan

4. Terlalu lama menonton TV

Bagi pria, bila terlalu sedikit olahraga dan memilih menonton TV, menurunkan kualitas air mani. Dalam studi British Journal of Sports Medicine, pria yang menonton TV selama 20 jam per minggu mengalami penurunan konsentrasi sperma hingga 44 persen.

5. Konsumsi daging olahan berlebihan

Hot dog, burger, bacon, sosis, nuget, bila dikonsumsi berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma dan memperlambat gerak sperma. Hal ini terungkap dalam studi di jurnal Epidemiology di 2014.

6. Seks berlebihan

Terlalu sering bercinta bisa menurunkan jumlah sperma. Jadi atur waktu bercinta agar tidak terlalu jarang atau berlebihan agar bisa hamil.

7. Perokok

Merokok meningkatkan kemungkinan sulit hamil hingga 13 persen menurut American Society of Reproductive Medicine. Pada wanita, merokok membuat ovarium yang menghasilkan sel telur menjadi tua lebih cepat, pada pria merokok membuat jumlah sperma rendah.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman