Sukses

Kenapa Senin dan Jumat Lebih Mudah Diingat Ketimbang Hari Lain?

Inilah alasannya kita lebih mudah mengingat hari Senin dan Jumat ketimbang hari yang lain

Liputan6.com, Jakarta Seorang profesor dari University of Lincoln, Dr David Ellis, pernah melakukan penelitian, mencari tahu mengapa kita lebih mudah ingat hari Senin dan Jumat, ketimbang hari-hari yang lain.

Penelitian yang ia masukkan ke dalam jurnal online Public Library of Science (PLos) ONE melibatkan lebih dari 1.000 orang responden. Setengahnya menjawab, lebih mudah mengingat Senin dan Jumat karena merasakan sesuatu yang berbeda saat Senin berlalu berganti menjadi Selasa, Rabu, dan Kamis.

"Mereka menjawabnya sangat cepat. Dan jumlahnya lebih tinggi ketimbang mereka yang bisa mengingat semua hari dengan benar," kata Ellis dikutip dari situs Times of India pada Jumat (20-1-2017)

Menurut mereka, Senin dan Jumat mudah sekali untuk diingat lantaran Senin merupakan hari pertama manusia memulai hari yang sibuk, membosankan, dan terkadang melelahkan. Sedangkan Jumat, otak mereka merekam bahwa hari itu bakal penuh kebebasan dan waktu santai sudah di depan mata. Kecuali, buat mereka yang mungkin masih masuk di hari Sabtu.

"Hampir 40 persen dari peserta merasa bingung dengan hari ini dan hari sebelumnya, terlebih jika mereka melakukan banyak kesalahan di pertengahan minggu. Sementara hari Jumat, berkaitan dengan hari di mana bank-bank kebanyakan tutup," kata Ellis menambahkan.

Selain itu, Psikolog dari University of York Dr Rob Jenkins mengatakan, orang semakin mudah mengingat Senin dan Jumat karena lagu-lagu yang ada saat ini pun kebanyakan menggunakan hari-hari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini