Sukses

Pemberian Progesteron Alami Bisa Cegah Keguguran

Liputan6.com, Chicago, Amerika Serikat Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Fertility & Sterility, mengungkapkan, progesteron alami dapat membantu wanita yang pernah mengalami keguguran dua kali atau lebih.

Menurut laporan dari CTV News, Kamis (12/1/2017), sekitar 25 persen wanita hamil mengalami keguguran selama trimester pertama kehamilan.

Untuk membantu wanita agar proses kehamilannya berjalan sukses, para peneliti di University of Illinois di Chicago, Amerika Serikat, meneliti efek pemberian progesteron alami dua hari sebelum ovulasi pada 116 pasien yang sebelumnya pernah mengalami keguguran berulang.

Progesteron alami, disebut juga bio-identical hormon, memiliki struktur molekul sama seperti progesteron yang diproduksi ovarium. Progesteron memainkan peran penting dalam mempersiapkan rahim untuk implantasi telur dan mempertahankan kehamilan.

Para ilmuwan menemukan, pemberian progesteron alami, yang dimasukkan melalui vagina, membuat angka kelahiran menjadi lebih tinggi pada kelompok wanita yang diteliti tadi. Bahkan dua pertiga kehamilan wanita yang diberi hormon tadi sukses, dibanding mereka yang tak mendapatkannya.

Studi ini menunjukkan, kesehatan endometrium (batas dinding rahim) pada kasus keguguran berulang bisa dicegah. Hal ini juga berpeluang mendeteksi perkembangan endometrium yang abnormal dengan memeriksa penanda molekuler, yang disebut nCyclinE.

Di masa depan, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi wanita mana yang bisa mendapatkan keuntungan dari pemberian hormon ini, dan seberapa besar dosis yang diperlukan. 

Uji klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk memvalidasi temuan awal studi ini.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Fertility & Sterility, yang adalah jurnal internasional dari American Society for Reproductive Medicine. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS