Sukses

Perut Kembung Tanpa Sebab, Waspadai 3 Penyakit Ini

Inilah penyakit-penyakit yang membuat perut terasa kembung

Liputan6.com, Jakarta Saat perut  terasa kembung atau begah yang bukan disebabkan oleh makanan, Anda harus mewaspadai kondisi ini. Sebab, beberapa jenis penyakit kronis berikut menyerang bagian perut juga hati. Apa sajakah penyakit itu?

Dikutip dari situs, laman Live Strong, Sabtu (7/1/2017) berikut tiga jenis penyakit yang membuat perut terasa kembung dan harus Anda waspadai.

1. Tukak lambung

Ketidaknyamanan perut seperti terasa penuh, kembung, disertai dengan sendawa adalah salah satu tanda individu mengalami tukak lambung. Kondisi medis ini adalah luka yang muncul pada dinding lambung dan dapat menyerang segala usia. Rasa sakit juga terjadi pada punggung, dada, dan tulang belakang.

Bahkan pada kasus parah, dapat menyebabkan sesak napas, tinja berdarah, sakit perut disertai dengan muntah yang mengandung darah, hingga pendarahan.

2. Gastroparesis

Mengalami kekembungan atau perut begah, benar-benar harus diwaspadai. Pasalnya, kondisi ini dapat mengarah kepada masalah medis yang disebut dengan Gastroparesis.

Pada kondisi ini, perut akan mengalami kontraksi otot-otot yang mempengaruhi proses pencernaan menjadi terluka hingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga perut terasa penuh dan mengalami infeksi juga gangguan metabolisme.

3. Lever

Hati menjadi organ tubuh yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Penderita lever biasanya juga akan mengalami perubahan bentuk perut yang semakin membesar dan perut terasa mengembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini