Sukses

9 Jenis Olahraga Paling Mahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan ini, olahraga tidak lagi disebut sebagai kebutuhan banyak orang, melainkan menjadi sebuah tren yang diminati hampir semua kalangan masyarakat.

Di dunia ini ada banyak jenis olahraga, mulai dari olahraga tradisional hingga olahraga modern yang memerlukan biaya besar untuk sekali berolahraga. Apa saja jenis olahraga mahal itu?

1. Berkuda

List of Top Ten Most Expensive Sports in the World

Memang membutuhkan kemahiran yang total untuk menguasai jenis olahraga ini, apalagi yang akan Anda tunggangi adalah jenis hewan yang susah-susah gampang untuk dijinakan.

Untuk berlatih kuda atau bahkan memiliki seekor kuda pribadi, Anda harus menyiapkan setidaknya 200 ribu dollar setiap tahun.

2. Polo

Polo olahraga termahal

Polo adalah olahraga yang sangat terkenal di Inggris. Jenis olahraga ini juga selalu dikaitkan dengan orang-orang kelas atas, karena membutuhkan biaya yang tergolong tinggi.

Pemain polo setidaknya harus memiliki empat ekor kuda untuk satu kali pertandingan. Biasanya satu pertandingan membutuhkan biaya berkisar 150 ribu dollar hingga satu juta dollar.

3. Formula 1

Pembalap Mercedes, Nico Rosberg dari Jerman saat memimpin balapan disusul pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo saat balapan F1 Grand Prix Belgia (28/07/2016). Perusahaan Liberty Media memastikan telah membeli bisnis Formula 1. (REUTERS/Yves Herman)

Untuk melakukan jenis olahraga paling terkenal di Dubai ini, pemain harus memiliki mobil sport yang mahal dengan standar tertentu. Setidaknya Anda harus menyiapkan 190 ribu dollar.

4. Sailing

Sailing olahraga termahal

Jenis olahraga air ini membutuhkan biaya yang sangat tinggi, karena pemain harus memiliki kapal pribadi. Kisaran harga kapal layar yang biasa digunakan untuk jenis olahraga ini mencapai 100 juta dollar. Belum lagi perawatan kapal yang harus dikeluarkan setiap bulannya, sebab untuk menguasai jenis olahraga ini Anda membutuhkan waktu setidaknya selama satu tahun.

5. Pentathlon

 Atlet Hungaria, Zsofia Foldhazi, terjatuh dari kudanya setelah gagal melewati rintangan dalam nomor modern pentathlon wanita Olimpiade Rio 2016 di Stadion Deodoro, Rio de Janeiro, (19/8/2016). (AFP/Yashuyoshi Chiba)

Bukan hanya satu jenis olahraga dalam satu kali permainan pentathlon, tetapi ada lima jenis olahraga yang dimainkan secara bersamaan. Masing-masing olahraga ini membutuhkan alat khusus, jika dimainkan secara bersamaan maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dari satu jenis olahraga.

6. Wingsuiting

Wingsuiting olahraga termahal

Alat-alat yang dibutuhkan dalam jenis olahraga ini memang tidak terlalu rumit dan mahal, tetapi olahraga yang dilakukan di udara ini membutuhkan biaya yang besar untuk membayar asuransi jiwa dan penyewaan pesawat.

Setidaknya Anda membutuhkan 2,5 ribu dollar untuk sekali berlatih wingsuiting ini.

7. Lomba balon terbang

Olahraga termahal balon terbang

Bagi Anda yang suka dan tertarik dengan ketinggian, jenis olahraga satu ini akan sangat menyenangkan, tetapi setidaknya Anda akan kehilangan banyak uang untuk melakukan olahraga ini.

Setiap satu orang yang hendak bermain olahraga ini harus membayar 300 dollar per satu jam. Jika Anda ingin menekuni jenis olahraga ini, Anda harus menyiapkan biaya sebesar 20 ribu dollar untuk membeli satu buah balon terbang.

8. Ski jumping

Atlet ski Slovenia, Peter Prevc, tampil pada babak pertama Piala Dunia Ski Jumping di Wilingen, Jerman, Minggu (10/1/2016). (EPA/Arne Dedert)

Peralatan yang digunakan dalam olahraga ini dapat mencapai biaya sekitar 2,5 ribu dollar. Bahkan untuk sebuah jumper Anda harus menyiapkan sebesar 100 ribu dollar.

9. The Whitianga Festival of Sports

The Whitianga Festival of Sports olahraga termahal

Olahraga yang sangat terkenal di Selandia Baru ini membutuhkan biaya yang sangat mahal, bahkan hingga jutaan dollar. Jenis olahraga ini membutuhkan sebuah helikopter yang lengkap dengan perahu balap ski dan peralatan mahal lainnya.