Sukses

Lucunya Menkes Saat Intip Gerakan Senam di Yogyakarta

Liputan6.com, Bantul Pagi ini cuaca di desa Tamanan, Bantul, Yogyakarta cukup sejuk usai diguyur hujan sejak subuh tadi. Aroma tanah basah pun bisa dirasakan dan menyegarkan tubuh dan pikiran. Luar biasanya, masyarakat setempat mengawali hari dengan senam bertepatan dengan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

Germas merupakan inisiasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian lainnya untuk membangun masyarakat agar mau hidup lebih sehat guna mencegah penyakit dan angka kesakitan yang tinggi di Indonesia. Program ini merupakan dilakukan dengan beberapa kegiatan, antara lain melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

 

Menkes melakukan senam bersama

Tepatnya pukul 06.33 waktu setempat, Menteri Kesehatan Nila Moeloek didampingi Sekjen Kemenkes dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dr Lily Sulistyowati, MM melakukan senam bersama pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang jatuh pada 12 November 2016 lalu.

Pantauan Liputan6.com, setidaknya ada 100 peserta senam dari anak SD, SMP, SMA, hingga lanjut usia. Keceriaan ini memang ingin memperlihatkan bahwa menerapkan gaya hidup sehat itu tidaklah sulit. Cukup bangun pagi, melakukan beberapa gerakan sederhana dan akhirnya dilanjutkan dengan sarapan sehat. 

Kendati demikian, ada mimik wajah yang lucu saat Menkes mengikuti gerakan senam bertajuk "Indonesia Cinta Sehat" ini. Karena telat beberapa menit, Menkes dengan semangat langsung mencoba beberapa gerakan inti. Alhasil, dia terus menerus menengok kanan dan kiri untuk mengikuti setiap gerakan senam.

Menkes melakukan senam bersama. Foto: Bella Juffita Putri/Liputan6.com

Semua yang hadir pun memaklumi karena Menkes tetap menyelesaikan senam hingga selesai seperti yang dicontohkan oleh instruktur di tengah lapangan.

Setelah 30 menit melakukan senam, peserta segera menduduki bangku-bangku di depan panggung untuk melanjutkan rangkaian acara hingga usai.

Menkes melakukan senam bersama. Foto: Bella Juffita Putri/Liputan6.com

Pencanangan Germas di Bantul ini turut dihadiri oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo,  Menteri PU Basuki Hadimuljono dan Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusady.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS