Sukses

3 Makanan Nikmat Ini Picu Rematik Kambuh

Timbulnya gejala dan kambuhnya penyakit satu ini disebabkan oleh pola diet Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pola diet benar-benar mempengaruhi kondisi tubuh manusia, bahkan timbulnya gejala dan kambuhnya penyakit rematik disebabkan oleh pola diet Anda.

Penyakit rematik atau disebut juga Arthritis Rheumatoid yang menyerang persendian dapat kambuh seketika akibat mengonsumsi tiga jenis makanan nikmat yang sering ditemui sehari-hari. Melansir laman Everyday Health, ditulis Selasa (8/11/2016), berikut tiga makanan yang wajib dihindari penderita rematik.

1. Donat

Makanan manis seperti kue, donat, dan makanan yang tinggi gula lainnya dapat memperburuk gejala rematik.

"Meski sampai saat ini belum ada kesepakatan kalau makanan mempengaruhi rematik namun banyak dokter yang menyarankan untuk memotong asupan makanan yang memicu Rheumatoid arthritis, khususnya pada pasien yang memiliki alergi makanan," kata Clemet Michet, MD, rheumatologist and professor dari Mayo Clinic.

2. Dairy milk

"Coba untuk mengganti produk dairy milk Anda dengan kedelai, beras, atau susu almond sebagai alternatif anti-inflamasi," kata Ulka Agarwal, MD, chief medical officer and director of clinical research di Physicians Committee for Responsible Medicine.

3. Daging merah

Agarwal menyarankan agar penderita rematik beralih menjadi vegetarian dan menghindari daging. Daging selalu dikaitkan dengan lemak dan kalori tinggi yang dapat memengaruhi peningkatan gejala Rheumatoid arthritis.

"Lemak dalam daging lebih mudah dimetabolisme menjadi bahan kimia pro-inflamasi dalam tubuh, dan dalam keadaan tertentu produksi bahan kimia ini dapat menyebabkan peradangan dan bengkak pada sendi," ujar Agarwal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Artritis Reumatoid (AR) atau penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi.

    Rematik

  • makanan