Sukses

Mulut Bau Bawang Putih? Singkirkan dengan Makanan Ini

Liputan6.com, New York- Bawang putih mampu menyedapkan makanan dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, bawang putih juga saat dikonsumsi bikin bau mulut. Meski sudah minum dua gelas tetap saja aroma napas tetap bau bawang putih. Untungnya, peneliti sudah cari tahu makanan apa yang bisa 'menghapus' aroma tak sedap ini.

Ada dua makanan yang bisa menyingkirkan aroma bawang putih, yakni apel segar dan daun mint. Tidak main-main, keampuhan makanan tersebut menyingkirkan aroma mulut tak sedap sudah dipublikasikan dalam Journal of Food Science September 2016.

Dengan mengonsumsi daun mint bisa mengusir 75 persen aroma bawang putih di mulut seperti dipaparkan salah satu peneliti Sheryl Barringer.

"Jika Anda khawatir akan aroma napas dan akan menjalani pertemuan penting tak perlu khawatir. Mengunyah daun mint atau sebuah apel bisa amat membantu," kata Barringer seperti dikutip Today, Jumat (7/10/2016).

Menurut Barringer dalam daun mint dan apel mentah terdapat fenol. Nah, kandungan tersebut yang mampu menghilangkan napas bau bawang putih.

Manfaat Mengejutkan dari Bawang Putih. (Bintang: healthycaregroup.com)

Aroma bawang putih bisa tercium karena di dalam bumbu dapur ini terdapat volatif. Ini adalah molekul yang ukurannya sangat kecil yang bisa terbawa oleh udara.

Hasil studi ini diketahui dengan meminta partisipan mengunyah satu siung bawang putih selama 25 detik. Sesudahnya, untuk mengurangi aroma bawang putih di mulut, partisipan terbagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok ada yang diminta minum air putih, jus apel yang baru dibuat, apel yang sudah dipanaskan, selada mentah, daun mint segar, teh hijau.

Sesudah itu, peneliti melakukan tes pada napas mereka. Rupanya teh hijau dan air tidak berpengaruh terhadap aroma mulut, tetap bau bawang putih. Saat mengonsumsi apel atau daun mint yang dipanaskan bau bawang putih pada napas berkurang. Namun, paling efektif mengusir aroma tersebut dengan makan daun mint atau apel.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS