Sukses

4 Hal yang Bisa Anda Lakukan Jika Didiagnosis Sakit Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Menerima diagnosis penyakit ginjal kronis tentunya membuat Anda cemas dan khawatir karena hal ini berpengaruh bagi kesehatan Anda di masa depan.

Untuk membantu mengatasi perasaan tersebut, coba pertimbangkan cara mengatasi dan mencari dukungan dari orang-orang terdekat, seperti yang dilansir dari Mayoclinic, Kamis (29/9/2016):

1. Berhubungan dengan orang lain yang juga memiliki penyakit ginjal
Orang lain dengan penyakit yang sama seperti Anda, pasti bisa memahami apa yang Anda rasakan dan mereka juga dapat memberikan dukungan yang unik. Coba tanyakan kepada dokter mengenai kelompok atau komunitas penyakit ginjal di daerah tempat tinggal Anda.

2. Mempertahankan rutinitas normal
Cobalah untuk mempertahankan rutinitas normal Anda, melakukan aktivitas yang Anda sukai, dan terus bekerja, jika kondisi Anda memang memungkinkan. Hal ini mungkin dapat membantu Anda mengatasi perasaan sedih atau kehilangan, setelah Anda menerima diagnosis penyakit ginjal ini.

3. Aktif
Dengan saran dari dokter Anda, lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari dalam seminggu. Hal ini dapat membantu mengatasi kelelahan dan stres yang Anda alami.

4. Bicarakan dengan orang yang Anda percaya
Hidup dengan memiliki penyakit ginjal kronis, mungkin bisa membuat Anda stres. Untuk mengurangi perasaan tersebut, Anda bisa membicarakannya dengan orang lain, bisa dengan anggota keluarga atau teman yang merupakan pendengar yang baik. Selain itu, Anda juga bisa meminta tolong dokter Anda untuk dirujuk ke seorang pekerja sosial ataupun konselor. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS