Sukses

10 Gerakan Wajah untuk Atasi Dagu Berlipat

Seiring waktu, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga menyebabkan dagu berlipat.

Liputan6.com, Jakarta Seiring waktu, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga menyebabkan dagu berlipat. Biasanya proses ini mulai terjadi pada usia 20 tahun keatas.

Penyebabnya, bisa karena paparan sinar matahari, merokok dan pola makan yang buruk, ujar Profesor dermatologi di University of Pittsburgh School of Medicine, Dr. Suzan Obagi.

"Dagu berlipat atau dagu ganda terjadi karena dua otot utama--sternokleidomastoid dan platysma--bisa membantu mengencangkan kulit leher sehingga membuat Anda terlihat lebih sehat," katanya, seperti dikutip Livestrong, Kamis (14/7/2016).

Untuk mencapai hasil maksimal, cobalah melatih gerakan wajah yang direkomendasikan pelatih Mike Donavanik. Berikut ulasannya:

Latihan 1

EXERCISE 1: Tongue Press

Tekan lidah ke langit-langit rongga mulut dan gerakkan kepala ke atas selama 20 reps (hitungan) dan tundukkan kepala ke bawah dalam waktu yang sama.

Latihan 2

EXERCISE 2: Pout and Tilt

Keluarkan bibir bagian bawah sejauh yang Anda bisa hingga terlihat cemberut. Setelah itu, tahan kontraksi ini selama satu detik. Kemudian, dengan bibir Anda masih keluar, kontraksikan otot di bagian depan leher Anda untuk menurunkan dagu Anda ke dada sejauh mungkin. Jeda dan tahan posisi keduanya masing-masing 20 reps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Latihan 3-4

Latihan 3

EXERCISE 3: The O


Gerakan ini mengharuskan Anda membulatkan vokal--sambil mengerucutkan pipi dan bibir ala duck face dan menegakkan leher ke atas. Kemudian tutup bibir Anda dengan mengembalikan posisi tegak. Tahan posisi ini selama 20 detik. 

Latihan 4

EXERCISE 4: Kiss the Ceiling
Teknik ini dilakukan sambil berdiri tegak dengan lengan menggantung di sisi Anda, miringkan kepala kemudian Anda melihat langit-langit. Cobalah untuk mencium langit-langit dengan mengerutkan bibir. Tahan selama lima detik, dan turunkan dagu Anda kembali ke posisi awal. Selesaikan latihan ini dalam dua set masing-masing 15 reps.

3 dari 5 halaman

Latihan 5-6

Latihan 5

EXERCISE 5: Chin Rotations

Dalam posisi duduk atau berdiri, perlahan dan lembut putar kepala Anda dalam lingkaran penuh dari bahu Anda ke dada dan ke belakang. Ulangi dalam arah yang berlawanan dan lakukan dalam 10 reps.

Latihan 6

 EXERCISE 6: Side Neck Stretch

Seperti melakukan peregangan. Letakkan satu tangan di lantai ke belakang telinga sedangkan satu tangan lain ke lantai. Jangan menyandarkan ujung jari Anda. Tekuk kepala ke arah bahu menggunakan telapak tangan secara perlahan dan tekan kepala ke bawah.

Tahan posisi ini selama 10 detik. Melepaskan tangan Anda, kembali ke posisi awal dan ulangi pada sisi yang berlawanan. 

4 dari 5 halaman

Latihan 7-8

Latihan 7

EXERCISE 7: Jaw Release

Dalam posisi duduk atau berdiri, tarik napas dalam-dalam melalui hidung kemudian perlahan-lahan menghembuskan napas sambil bersenandung.

Ketika Anda selesai napas, panjangkan tulang belakang lidah sementara tekuk bagian ujung lidah hingga terasa menarik rahang. Lakukan sambil bersuara "ahhh" dan tahan selama 90 detik. 

Latihan 8

EXERCISE 8: Pigeon

Tempatkan ibu jari Anda di satu sisi rahang, tarik--seperti gerakan memijat--dari rahang hingga menuju bawah telinga. Lakukan hal yang sama selama 30 detik.

5 dari 5 halaman

Latihan 9-10

Latihan 9

EXERCISE 9: Stick Out Tongue

Latihan ini sangat bagus untuk membangun otot-otot dagu dan mengurangi dagu berlipat tanpa operasi.

Berdiri atau duduk dalam posisi santai. Buka mulut Anda selebar yang Anda bisa dan menjulurkan lidah Anda keluar sejauh mungkin hingga terasa ada kontraksi otot di sekitar rahang.  Tahan lidah keluar dan menghitung sampai 10. Tenang dan kembali ke posisi awal.

Latihan 10

EXERCISE 10: Head Lifts

Latihan ini bisa dilakukan dengan posisi tidur. Angkat kepala dan leher ke arah dada sejauh yang Anda bisa. Tahan selama 10 detik, kemudian, perlahan-lahan kendurkan otot leher ke posisi awal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini