Sukses

9 Cara Sederhana Sembuhkan Kulit Terbakar Matahari

Jika anak Anda terbakar sinar matahari, pastikan dia minum banyak cairan.

Liputan6.com, Jakarta Jika anak Anda terbakar sinar matahari, pastikan dia minum banyak cairan. Karena itu dapat menjaganya dari dehidrasi sampai sembuh. Namun jika anak di bawah satu tahun, dan memiliki lecet, sakit parah, lesu atau demam tinggi sebaiknya segera hubungi dokter.

Untuk kulit terbakar ringan, cobalah obati dengan menggunakan yang ada di sekitar Anda, dilansir laman Parents, Kamis (7/7/2016).

1. Es batu

Bungkus es batu dalam handuk lembut, dan kompres bagian yang terbakar. Jangan langsung meletakkan es pada kulit karena dapat menyebabkan radang dingin, dan kerusakan pada kulit.

2. Air dingin

Air dingin dari kamar mandi, dapat menghilangkan panas dan nyeri. Kulit yang terbakar jangan langsung dibersihkan dengan minyak, sabun, dan busa sabun.

3. Lidah buaya

Gel dari dalam tanaman kaktus ini memudahkan ketidaknyamanan, cepat proses penyembuhan, dan melembabkan kulit. Anda bisa membelah daunnya, dan mengambil getah yang langsung ditempelkan di kulit, ataupun membelinya di apotek.

4. Madu

lengket yang dihasilkan dari madu mampu menjadi salep topikal luka bakar. "Studi menunjukkan hal itu mungkin lebih baik daripada beberapa krim antibiotik untuk mempercepat penyembuhan, mengurangi infeksi, dan meminimalkan rasa sakit," ujar Kathi Kemper, M.D., dan penulis The Holistic Pediatrician.

5. Oatmeal

Oatmeal yang ditumbuk halus, dan dicampur dengan air mandi dapat bekerja sebagai anti inflamasi. Atau hancurkan oatmeal dalam blender, tuang air hangat hingga terendam. Dan itu dapat Anda buat sendiri di rumah.

6. Susu

Tempatkan kain lap, atau kapas kasa yang direndam susu dingin. Tempelkan pada bagian yang memerah, hingga rasa tidak nyaman pun hilang, dan tak lagi panas.

7. Baking soda atau tepung jagung

Berendamlah dalam air mandi yang sudah dicampur baking soda atau tepung jagung, itu dapat meredakan peradangan serta gatal-gatal.

8. Cuka

Asam asetat dalam cuka dapat meredakan nyeri, gatal, dan peradangan. Tuangkan satu cangkir cuka ke dalam air mandi hangat, dan rendamkan bagian luka.

9. Minyak ketumbar

Studi menyarankan menggosok minyak esensial ini ke kulit yang terbakar matahari dapat mengurangi peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.