Sukses

Apa yang Terjadi Ketika Permen Karet Tertelan?

Dr. Lisa Ganjhu, D.O menjelaskan mengenai apa yang terjadi ketika permen karet tertelan.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang dilansir dari BuzzFeed Health, Minggu (19/7/2016), mengenai apa yang terjadi ketika permen karet tertelan, "Sebenarnya permen karet melewati tubuh kita sama seperti yang dilakukan oleh makanan. Namun permen karet tidak dicerna seluruhnya," ujar seorang ahli pencernaan, Dr. Lisa Ganjhu, D.O, profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center, New York.

Ganjhu menambahkan bahwa perut kita sangat kuat karena bisa mencerna daging yang keras dan juga bisa mencerna permen karet. Perbedaannya adalah bahan dasar permen karet tidak larut sepenuhnya karena sifat kimianya, serta isi dari permen karet tidak bisa diserap ke dalam usus kecil seperti kebanyakan makanan. Jadi jika Anda tidak sengaja menelan permen karet, Anda akan mengeluarkannya saat buang air besar.

Permen karet tidak akan menempel di sisi usus kecil. Walaupun tidak dicerna seluruhnya, permen karet tetap bisa keluar dengan utuh melalui pergerakan isi perut.

Meski permen karet yang tertelan bisa keluar, para ahli tetap menganjurkan untuk tidak menelan permen karet. "Mengunyah permen karet sama sekali tidak memiliki nilai nutrisi untuk tubuh, sehingga profesional kesehatan menganjurkan untuk tidak menelannya," kata Ganjhu.

Selain itu, poin utama dalam mengkonsumsi permen karet adalah mengunyah nya sampai rasanya hilang, kemudian buanglah. "Permen karet tidak akan menyakiti atau membunuh Anda, tapi tidak masuk akal jika menelannya secara sengaja," Ganjhu menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini