Sukses

Piala Eropa Bikin Pendonor Darah di Irlandia Berkurang

Negara Irlandia masih membutuhkan 15 ribu sumbangan darah untuk bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap 14 Juni. Namun, di beberapa negara masih saja kekurangan darah sebut saja Indonesia, dan Irlandia. Bahkan Irlandia Blood Transfusion Service (IBTS) menjelaskan saat ini masih membutuhkan sebanyak 15 ribu sumbangan darah.

Direktur IBTS, Paul McKinney menjelaskan cuaca baik justru mempengaruhi menurunnya angka pengunjung ke klinik di seluruh negeri. Selain itu, ada hal lain yang membuat orang-orang tak mendonorkan darahnya.

"Tentunya cuaca yang baik sebenarnya tak begitu berdampak signifikan bagi persediaan darah. Tapi dimulainya Kejuaraan Eropa, dan Olimpiade yang akan dimulai Agustus, kami sangat sulit untuk mempertahankan suplai darah selama musim panas," ujar McKinney, dilansir laman Breakingnews.ie, Selasa (14/6/2016).

Namun, Paul McKinney tak kehabisan akal untuk menggiring penduduk untuk datang ke klinik, dan menjadi pendonor darah.

"Kami memakai cara dengan meluncurkan sebuah promosi sehingga para pendonor darah bergerak datang ke klinik kami," tandas McKinney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini