Sukses

Ilmuwan Ungkap Cara Nomor 1 Turunkan Berat Badan

Seseorang yang memiliki kesadaran tinggi untuk hidup sehat tentunya menyadari, makan di luar bukanlah ide yang baik dari sisi nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang memiliki kesadaran tinggi untuk hidup sehat tentunya menyadari, makan di luar bukanlah ide yang baik dari sisi nutrisi. Hal ini didukung oleh studi baru di dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang mengatakan, hampir semua sajian restoran--tak peduli jenis makanannya--memiliki kalori yang lebih banyak dari seharusnya. Dan satu sajian di restoran bisa memiliki asupan kalori sebanyak yang seharusnya Anda konsumsi untuk satu hari.

Untuk menemukan hasil ini, para peneliti di Tufts University membeli dan menganalisis lusinan sajian populer dari berbagai restoran di Amerika Serikat. Hasilnya: Sebanyak 92 persen sajian mengandung lebih banyak kalori dari yang seharusnya dikonsumsi oleh orang dewasa dalam satu kali makan (sekitar 570 kalori per makanan ideal untuk wanita dewasa). 

Seperti dilansir dari Prevention, Sabtu (25/3/2016),makanan Amerika, China, dan Italia memiliki rata-rata 1.495 kalori per sajian. Rata-rata sajian mengandung sebanyak 1.205 kalori, dan makanan Yunani dan Jepang mengandung kalori paling sedikit yaitu 1000 kalori.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan?

Anda bisa memilih restoran yang memberikan info nutrisi yang lengkap, dan memilih jenis makanan berkalori rendah. Tapi, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memasak sendiri di rumah.

Saran ini juga didukung oleh penelitian pada tahun 2014 yang mengatakan, orang yang makan teratur di rumah mengonsumsi 140 kalori lebih sedikit per harinya dibanding yang rutin makan di luar.

Sisihkan kebiasaan makan di luar hanya untuk waktu-waktu spesial. Ketika Anda menyiapkan makanan sendiri di rumah, tak hanya Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, hal ini juga memaksa tubuh Anda untuk bergerak lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini