Sukses

Trik Mudah agar Suka Makanan Sehat

Menyiapkan atau memasak makanan sendiri meningkatkan kesadaran kesehatan pada makanan yang dipilih.

Liputan6.com, New York- Ada cara baru bagi Anda yang ingin mulai konsumsi makanan sehat. Ternyata seseorang lebih menyukai makanan sehat ketika mereka membuatnya sendiri. 

Studi ini melibatkan 120 wanita yang mengonsumsi milkshake yang terdiri bahan-bahan sehat dan tidak sehat yang dibuat sendiri maupun orang lain. Lalu diminta untuk memberikan nilai seberapa suka terhadap minuman tersebut seperti dikutip laman Time, Selasa (29/12/2015).

Ternyata, ketika mereka membuat milkshake sendiri yang terdiri dari bahan-bahan rendah kalori mereka lebih menikmatinya. Namun ketika membuat milkshake tak sehat -- yakni milkshake cokelat yang tinggi kalori -- tidak berdampak pada rasa.

"Menyiapkan atau memasak makanan sendiri meningkatkan kesadaran kesehatan pada makanan yang dikonsumsi karena ketika orang mempersiapkan makanan mereka jadi lebih sadar pada bahan-bahan yang digunakan," tulis peneliti yang dipublikasikan dalam Jurnal Health Psychology.

Selain itu, para ilmuwan yang terlibat memprediksi temuan ini mendukung penelitian sebelumnya akan 'IKEA effect' yakni memberikan nilai lebih tinggi terhadap barang yang dibuat sendiri (konsep yang diterapkan pada pusat perbelanjaan khusus rumah tangga). Sehingga ketika seseorang membuat sesuatu sendiri ia akan lebih menghargai dan menikmatinya. 

Pola hidup sehat paling efektif bila mengolah makanan sendiri di rumah

Memang studi ini masih dalam lingkup kecil dan perlu penelitian lanjutan dalam skala besar namun penulis penelitian berpendapat temuan ini bisa jadi modal kampanye konsumsi makanan sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini