Sukses

Ini Cara agar Remaja Tidak Salah Berteman

Dengan semakin kompleksnya hubungan pertemanan saat remaja, orang tua harus berpikir keras bagaimana harus bertindak.

Liputan6.com, Jakarta Mempunyai anak usia remaja terkadang memunculkan dilema tersendiri. Semakin kompleksnya hubungan pertemanan saat remaja, terkadang membuat orang tua harus berpikir keras bagaimana harus bertindak.

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa gangguan perilaku meningkat pada anak ketika mereka mulai bergaul dengan remaja berperilaku buruk dan berbahaya. Ketika remaja, pengaruh pertemanan bisa mengalahkan pengaruh keluarga, perhatikanlah baik-baik dengan siapa anak Anda berteman.

Ada 3 alasan mengapa anak-anak mengikuti pengaruh negatif teman-temannya:

1. Rendahnya kepercayaan diri

Pemuda yang merasa tidak percaya diri mendambakan rasa diterima oleh teman-temannya. Mereka kurang dalam hal percaya diri dan identitasnya. Ini membuat mereka lebih rentan terhadap pengaruh negatif. Memilki teman dengan penampilan yang kuat secara sosial sangat menarik. Dengan kata lain, remaja yang kurang percaya diri akan mencari teman yang memiliki apa yang menjadi kekurangan mereka.

2. Tidak adanya orang dewasa yang menjadi panutan

Remaja butuh memilki hubungan positif dengan orang dewasa lainnya selain keluarga. Ketika anak-anak muda kurang mempunyai panutan, mereka akan berpaling kepada teman-temannya untuk membimbing mereka. Ini menciptakan ketidakseimbangan dalam pertemanan, yang membuat mereka terjebak dalam belas kasihan dari teman-teman yang mereka pilih, khususnya teman-teman yang kurang bermoral.

3. Buruknya hubungan dengan orang tua

Para remaja umumnya akan menjauhi rumah yang dipenuhi konflik. Intinya, semakin parah perpecahan yang terjadi di rumah, semakin besar pula pengaruh yang diperoleh dari teman. Kemarahan remaja kepada orang tuanya selalu menjadi pendorong perilaku destruktif dan terbawa pertemanan yang ceroboh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang harus dilakukan?

Apa yang harus dilakukan?

Jika anak remaja bergaul dengan grup yang salah, pertimbangkan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah ketidakseimbangan internal; sebuah gejala untuk masalah yang lebih serius.

Sebelum 'berperang' dengan anak Anda mengenai pilihan teman-temannya, Anda harus mengetahui risiko yang dihadapi: yaitu risiko menimbulkan rasa memberontak dan -- suka atau tidak -- lebih menguatkan hubungan pertemanan anak dengan teman-temannya yang kurang baik itu.

Walaupun melarang bisa menjadi pilihan, pertimbangkan beberapa pilihan cara berikut yang dilansir dari laman Parenting, Sabtu, 7/11/2015:

1. Periksa kebutuhan anak

Apa yang kurang? Apakah si anak bergabung dengan klub sekolah atau olahraga? Apakah dia memiliki sarana untuk menyalurkan kreativitasnya? Carilah tempat beraktivitas untuk mereka bisa membangun harga diri dari kumpulan orang-orang yang dapat memotivasi dirinya. Daripada berusaha mencoba menyingkirkan temannya yang buruk, berikanlah pengaruh positif yang lebih dihidup anak Anda.

2. Carilah bantuan bagi diri Anda sendiri

Ceritakanlah keprihatinan Anda dengan pasangan Anda, teman, atau sesama orang tua. Beritahulah ketakutan Anda, bertukar pikiran, dan carilah masukan positif. Berbicara dengan orang tua yang berhasil melewati masa remaja anaknya, akan sangat membantu. Anda akan mendapatkan kenyamanan yang luar biasa ketika berbicara dengan orang yang mengetahui apa yang Anda lalui dan bisa membawa Anda ke arah yang lebih baik.

3. Jaga agar hubungan tetap positif

Ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa para remaja yang mempunyai hubungan yang positif dengan orang tuanya, 60 persen kemungkinan lebih kecil mereka terlibat dalam aktivitas kurang baik. Artinya, sangat vital Anda menemukan cara untuk tetap erat dengan anak Anda dengan cara menghabiskan waktu bersama dengannya, mencoba lebih banyak mendengarkannya daripada memberitahunya, dan mencari aktivitas yang dapat Anda nikmati berdua dengannya. Ingat, mendengarkan mempunyai pengaruh lebih besar dibanding nasihat atau kritikan Anda yang tidak mereka inginkan.

Remaja, seperti kebanyakan dari kita, mempelajari pengalaman hidup dengan cara yang berat. Membutuhkan waktu untuk bisa membedakan teman yang baik dengan yang buruk. Namun tetaplah berikan mereka ruang untuk melakukan kesalahan. Berikan dukungan dan pengertian Anda. Bisa dipastikan anak remaja Anda akan berpaling kepada Anda ketika merasa rapuh, dan membawa pengaruh dari Anda sebagai ukuran panutan yang baik kedalam semua hubungan mereka. (Melodia)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini