Sukses

Ayo Ciptakan Sendiri Mimpi Malam Kita

Mimpi yang jelas dapat dihasilkan melalui rangsangan gelombang gamma pada orang yang sedang tidur.

Liputan6.com, Redwood City - Nikmat juga kalau seseorang bisa hidup dalam fantasi dan mimpi, misalnya berkhayal bisa terbang, hidup di dalam laut, ataupun fantasi lainnnya di alam mimpi. Namun sayangnya, mimpi sering menjadi kabur dan terlupakan ketika orang terbangun.

Suatu perusahaan teknologi mencoba membantu pengguna alat mereka untuk bermimpi secara jelas. Dikutip hari ini (20/10/2015) dari Motherboard, perangkat ‘moovs’ keluaran perusahaan foc.us dirancang khusus untuk merangsang mimpi yang jelas.

Alat itu terdiri dari sepasang elektroda, puluhan pasang bantalan gel untuk tempelan elektroda, dan perangsang arus listrik searah (DC) pada kening (transcranial direct current stimulation, tDCS) yang mirip dengan iPod nano. Seorang pengguna melapisi bantalan elektroda dengan gel penghantar listrik, lalu menempatkannya di kening samping.

Kabel elektrodanya kemudian disambungkan ke perangkat yang menjalankan sejumlah program. Program perangsang mimpi ini dirancang untuk merangsang otak setelah hitungan 10 menit supaya penggunanya berkesempatan untuk tertidur.

Mimpi yang jelas dapat dihasilkan melalui rangsangan gelombang gamma pada orang yang sedang tidur.

Menurut Michael Oxley, CEO dan pendiri foc.us, pada awalnya foc.us dirancang untuk pencinta permainan—para gamers—untuk merangsang otak dan meningkatkan fokus pemain sebelum mulai bermain. Tapi, dalam setahun setelah alat itu dijual secara daring, para pengguna malah menggunakannya untuk hal-hal lain.

“Ada sejumlah makalah tentang peningkatan ingatan dengan peningkatan fokus, dan ini ideal untuk gaming. Tapi banyak penggunanya yang malah tidak menggunakan untuk itu. Mereka menggunakannya untuk manfaat-manfaat lain dan yang paling digemari adalah manfaat mimpi yang jelas,” kata Michael Oxley melalui telepon kepada Motherboard.

Menurutnya, dalam suatu makalah terbitan Nature pada tahun lalu, dijelaskan bahwa mimpi yang jelas dapat dihasilkan melalui rangsangan gelombang gamma pada orang yang sedang tidur. Hal demikian memberi ilham kepada para pengguna foc.us untuk melakukan rangsangan itu. Karena itu, tim foc.us menulis program baru yang dirancang khusus untuk menggugah mimpi yang jelas.

Sebacai catatan, dalam Wikipedia disebutkan bahwa gelombang gamma adalah pola osilasi syaraf pada manusia dengan frekuensi antara 25 Hz hingga 100 Hz, walaupun frekuensi paling lazim adalah pada 40 Hz.

“Muatan listrik positif menggugah suatu bagian otak dan arus negatif meredam bagian otak tersebut. Daerah fungsi tingkat tingga berada di otak bagian depan dan aktif selama mimpi yang jelas. Jadi jika kita menggugah bagian ini ketika orang sedang bermimpi, lebih besar kemungkinannya seseorang mengalami mimpi yang jelas.”

Michael Oxley mengaku memakai alat itu setiap malam, namun ia mengaku tidak selalu berhasil. Tapi, ketika berhasil, mimpinya benar-benar menakjubkan.

Walaupun begitu, tidak semua orang berhasil mengalaminya karena arus listrik yang sebesar 1,5 miliampere belum tentu bisa tertahankan bagi sebagian orang. Terasa seperti disengat.

Kepada Motherboard, Michael Oxley mengaku masih terus memperbaiki alat ini, misalnya dibuat menjadi nirkabel dan dengan kemampuan untuk mendeteksi apakah seseorang sudah tidur, bukan tergantung pada hitungan waktu.

Dengan harga hampir 4 juta rupiah, sukar dibayangkan orang berbondong-bondong membeli alat ini, namun Michael Oxley meminta Motherboard untuk tidak menutup segala kemungkinan.

Katanya, “Kami terkesan. Kami menjual dua kelompok produksi pertama dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada yang kami duga. Dan sekarang kami memiliki dua atau tiga perusahaan dengan modal ventura di Lembah Silikon yang mencoba produk yang sama. Pasarnya sekarang memang masih kecil, tapi tidak lama lagi Apple akan mulai menjual perangsang otak.” Wah, mau mimpi apa malam ini, ya? (Alx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini