Sukses

5 Olahraga yang Cocok bagi Orang Tua

Tak perlu takut cedera, lima olahraga ini yang pas dilakukan orang tua.

Liputan6.com, New York- Menjaga fisik tetap aktif hingga usia tua memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kebugaran tubuh hingga agar tahan serangan berbagai penyakit. Namun, fisik orang tua berbeda dengan anak-anak muda sehingga banyak yang takut berolahraga.

Berikut lima olahraga yang pas untuk dilakukan para lanjut usia seperti dikutip laman Huffington Post, Senin (19/10/2015).

1. Tai Chi

Seiring usia bertambah, orang berisiko lebih besar mengalami cedera bila terjatuh. Sementara Tai Chi memiliki gerakan lembut yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan menjaga postur tubuh. Latihan ini juga dapat menambah fokus, relaksasi dan mengontrol napas seperti diungkapkan penelitian yang dilakukan University of Toronto dan Universitas British Columbia di Kanada.

2. Yoga

Hampir mirip dengan Tai Chi, gerakan yoga menyeimbangkan keseimbangan serta mencegah risiko jatuh. Rutin berlatih yoga mampu meningkatkan fleksibilitas dan menguatkan imunitas tubuh.

3. Joging

Penelitian dari University of Colorado menunjukkan manfaat joging bisa bantu menjaga ingatan hingga tua.

4. Berjalan

Mungkin jalan kaki tak tampak seperti olahraga tapi bagi orang yang telah berusia 65 tahun. Namun secara rutin berjalan kaki mampu mengurangi risiko pikun atau demensia.

5. Renang

Berenang merupakan olahraga yang cocok bagi segala umur, termasuk orang tua yang memiliki gejala arthritis (radang sendi). Orang dengan arthritis cenderung tak akan jatuh dan alami patah tulang. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.