Sukses

Diet dengan Cokelat dan Anggur Merah Jadi Favorit di Inggris?

Liputan6.com, London - Seseorang yang ingin diet pasti sangat berat untuk meninggalkan makanan favoritnya. Seperti cokelat, siapa yang menolak makanan sejuta umat kesukaan anak-anak hingga orang dewasa ini?

Baru-baru ini situs Standard menulis soal nukilan buku diet Sirtfood, yang menjadi buah bibir di Inggris namun baru akan rilis Januari tahun depan. Dalam buku tersebut disebutkan kalau cokelat dan anggur merah disinyalir bisa merangsang pembakaran lemak dan mengencangkan otot tubuh.

Bagi orang-orang yang ingin diet namun tak ingin melewatkan makanan enak, diet sirtfood patut dicoba. Sirtfood adalah makanan sehari-hari yang merupakan aktivator sirtuin, perangsang 'gen kurus' dalam tubuh.

Sirtuin adalah jenis protein dan tubuh manusia memiliki tujuh jenis sirtuin yang dipercaya ahli diet bisa melindungi sel yang hampir mati. Sel yang sekarat tersebut dipicu karena seseorang tengah stres. Karena itu coklat atau anggur merah bisa menjaga metabolisme serta menurunkan risiko inflamasi sel, yang apabila dibiarkan bisa menimbulkan penyakit.

Buku The Sirtfood Diet oleh Aidan Goggins dan Glen Matten juga menjelaskan selain cokelat dan anggur merah, makanan kaya sirtuin lainnya meliputi kangkung, buah jeruk, teh hijau, kunyit, blueberry, peterseli, caper serta apel. Media Inggris menyebut kalau Goggins dan Matten adalah 'ahli saran nutrisi untuk atlet profesional', tak sama dengan ahli gizi apalagi dokter.

Keduanya menguji diet tersebut pada 40 orang yang hobi ke pusat kebugaran, dan rata-rata telah mengalami penurunan berat badan sekitar tujuh pon dalam tujuh hari, peningkatan energi dan massa otot.

Pasangan ini beralasan diet akan lebih efektif pada kelompok sampel yang kurang aktif. Selebriti yang telah mencoba metode ini adalah James Haskell (atlet rugby) dan Jodie Kidd (model dan presenter TV).