Sukses

7 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Lelah

Liputan6.com, New York- Sebagai manusia normal kita tentu pernah merasakan tubuh lelah. Biasanya pada saat seperti ini banyak yang mengatakan dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor hingga mengeoperasikan mesin. Padahal ada beberapa hal yang yang sebaiknya dihindari saat tubuh merasa lelah.

Mulai dari tidak berolahraga keras hingga tidur siang, berikut delapan hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat tubuh lelah dilansir laman Readers Digest, Selasa (29/9/2015).

1. Olahraga berat
Ketika tubuh lelah dan berolahraga berat seperti angkat beban, hal tersebut malah hanya membuang waktu seperti diungkapkan trainer bersertifikat dan memiliki lisensi ahli gizi olahraga dari New York, William Suggs.

"Anda mudah mengalami cedera ketika tubuh lelah. Hal ini terjadi karena tidak fokus pada latihan," terang Suggs. Sebaiknya berolahraga ringan saja seperti berjalan kaki atau bersepeda santai.

2 dari 4 halaman

Minum kopi

2. Minum kopi
Saat tubuh lelah kemudian minum kopi dianggap cara yang ampuh untuk meningkatkan kembali energi. Menurut ahli tidur dari Weill Cornell Center for Sleep Medicine di New York, Daniel Barone, konsumsi kopi berdekatan dengan waktu tidur akan timbulkan masalah saat malam.

Ia menyarankan untuk tak minum kopi usai jam satu siang, bila lelah mendera lebih baik konsumsi permen karet peppermint. Pepermint mampu merangsang saraf di otak yang bertanggungjawab untuk merasa terjaga dan waspada.

3. Berkelahi dengan pasangan
Salah satu penyebab mudah lelah karena kurang tidur. Dan hal ini membuat seseorang lebih sulit untuk mengendalikan emosi menurut penelitian dari UC Berkeley dan riset Harvard Medical School.

"Kurang tidur membuat otak tak mampu menempatkan pengalaman emosional yang dapat dikendalikan maupun ditanggapi dengan tepat," tutur penulis studi Matthew Walker.

3 dari 4 halaman

Jangan tidur siang

4. Jangan tidur siang
Tidur siang adalah ide yang baik untuk atasi lelah bila dilakukan dengan cara tepat. Bila tidur siang terlalu lama malah membuat sulit tidur di malam hari. Ini artinya Anda akan begadang dan kurang tidur lagi sehingga besok akan kembali lelah seperti dikatakan dokter Borone.

Pastikan tidur siang hanya 20-30 menit untuk membuat tubuh kembali bersemangat.

5. Hindari konsumsi makanan cepat saji
Studi menunjukkan saat tubuh lelah membuat pikiran menginkan makanan berlemak. "Hal ini terjadi kerena tubuh membutuhkan hormon dopamin, dan konsumsi makanan cepat saji bisa memberikan itu semua," terang Suggs.

Padahal jika mengonsumsi makanan seperti ini hanya akan membuat tubuh berenergi sejenak kemudian kembali lesu. Lebih baik konsumsi makanan kaya biji-bijian, protein, dan sayuran.

4 dari 4 halaman

Kerjakan proyek penting

6. Kerjakan proyek penting
Sebuah studi dari Duke University of Medical Center menunjukkan orang yang beristirahat dengan cukup lebih mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Beda halnya dengan orang yang kurang tidur cenderung melihat sesuatu secara negatif sehingga hasil kerjanya tidak maksimal.

7. Tidur berlebih
Dokter Barone menyarankan agar tidur cukup selama tujuh hingga delapan jam meski tubuh sedang amat sangat lelah. Penambahan waktu tidur setengah jam selama dua hari mampu mengubah jam tidur Anda.