Sukses

6 Teknologi Terkini Pelenyap Nyeri

Penanganan nyeri pada umumnya hanya berfokus pada penggunaan obat-obatan anti nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Penanganan nyeri pada umumnya hanya fokus pada penggunaan obat-obatan antinyeri. Sayang, pada kasus-kasus tertentu seperti kanker tidak bisa hanya dibantu dengan tindakan bedah.

Untuk mengatasi kekurangan obat tersebut, dokter spesialis bedah saraf dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution mengatakan, ada cabang ilmu kedokteran yang memelajari tentang diagnosis dan pengobatan nyeri, yaitu Intervensional Pain Management (IPM).

"IPM menerapkan teknik-teknik intervensi dalam menangani nyeri subakut, kronik, persisten dan nyeri yang sulit diatasi, baik secara independen maupun bersama dengan modalitas terapi lainnya," kata Mahdian saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (16/9/2015).

Mahdian menerangkan, IPM hanya dilakukan oleh dokter spesialis anestesi, neurologi, bedah saraf, orthopaedi atau terapi fisik dan rehabilitasi yang melakukan pelatihan di bidang menajemen nyeri.

"Mula-mula dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mengevaluasi riwayat medis pasien. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan. Barulah dokter membuat rencana pengobatan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Radiofrequency ablation

Berikut terapi intervensi yang diberikan:

1. Radiofrequency ablation

Ujung saraf penyebab nyeri dipanaskan menggunakan aliran listrik yang dihasilkan oleh gelombang radio sehingga rasa nyeri di daerah tersebut dapat dihentikan.

2. Musculoskeletal injection USH guided

Penyuntikan obat pada otot dan sendi yang sakit sambil dipandu oleh ultrasonografi sehingga tepat sasaran.

3. Epidural block steroid injection

Penyuntikan obat golongan kortikosoid ke rongga epidural ke daerah tulang belakang guna meredakan peradangan pada saraf dan bantalan tulang belakang (diskus intervertebralis).

3 dari 3 halaman

Epidural RACZ catheter

4. Epidural RACZ catheter

Pemasangan kateter mikro ke dalam rongga epidural di tulang belakang untuk mencapai lokasi penyuntikan obat yang tepat sasaran

5. Simpathetic block

Penyuntikan di sekitar tulang belakang untuk meredakan nyeri yang berkaitan dengan sistem saraf otonom

6. Spinal cord stimulation

Tindakan memanipulasi rangsang nyeri pada kasus-kasus nyeri kronis di daerah punggung, lengan, atau tungkai yaitu dengan menanam alat stimulator pada daerah tulang belakang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini