Sukses

Cara Mudah Atasi Stres bagi Diabetesi

Stres bagi diabetesi adalah hal yang merugikan karena menyebabkan gula darah meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Stres bagi diabetesi adalah hal yang merugikan karena menyebabkan gula darah meningkat. Walhasil, orang tersebut dapat bereaksi secara berlebihan, bingung dan tidak beraktivitas secara normal serta berujung pada komplikasi yang membahayakan.

Nah, dalam buku Diabetes and Me oleh Soyjoy, ada satu hal menarik yang menjadi perhatian. Untuk mengatasi stres, ternyata Anda dapat mencoba memainkan alat musik atau sekedar mendengarkannya.

Penelitian pun telah membuktikan, mendengarkan musik dapat memperbesar diameter pembuluh darah hingga 26 persen. Darah pun semakin lancar menuju jantung.

"Musik sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang membuat kita merasa lebih baik. Tak sekedar untuk bersantai, penelitian juga membuktikan, musik dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita," menurut buku yang ditulis oleh penulis buku kesehatan Anang YB, Dosen dan perawat edukator Yulia serta editor Johanes Purwoto yang merupakan ahli penyakit dalam dan endokrin di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Selain itu, ada beberapa manfaat musik lainnya, seperti:

1. Stres berkurang

Mendengarkan musik akan memicu pelepasan hormon dopamin, yang membuat perasaan menjadi gembira sehingga stres berkurang dan emosi lebih positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semangat meningkat

2. Semangat meningkat

Mendengarkan musik dapat memberikan efek metronomik pada tubuh yang membuat kita lebih bersemangat saat menjalankan aktivitas.

3. Jantung sehat

Saat mendengarkan musik bahagia, diameter pembuluh darah melebar 26 persen sehingga aliran darah ke jantung lebih lancar.

4. Meredakan sakit

Musik dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah sehingga membantu meredakan sakit.

3 dari 3 halaman

Relaksasi

5. Relaksasi

mendengarkan musik dapat membuat kita lebih rileks seperti melakukan pijat.

6. Mempertajam pendengaran

Dalam penelitian yang melibatkan 163 orang, ternyata 74 orang dengan latar belakang musik atau musisi memiliki kemampuan pendengaran yang baik.

7. Membantu memori

Studi menemukan, anak-anak yang mengikuti pelatihan musik memiliki daya ingat yang lebih baik dan tetap tajam saat tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini