Sukses

Idealnya Berapa Kilo Berat Badan Merosot Saat Puasa?

Liputan6.com, Jakarta Penurunan berat badan paling ideal selama bulan Ramadan adalah 3,6 kilogram. Atau lima persen dari target yang mampu dicapai seseorang setelah berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadan.

"Penelitian yang saya lakukan dua tahun lalu serta berbagai metaanalisa yang dilakukan di luar negeri, rata-rata penurunan berat badan yang terjadi adalah 2 sampai 2,5 persen setelah puasa ramadan. Berbagai kepustakaan memang menyebutkan penurunan ideal adalah 1 sampai 2 pounds per minggu atau 0,45 hingga 0,9 kilogram per minggu," kata Division of Gastroenterology, Departement of Internal Medicine, Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin (6/7/2015)

Puasa, kata Ari, tidak sekedar menahan makan dan minum, tetapi juga memaknai adanya pengendalian diri. Efek dari menahan makan dan mengendalikan makan adalah penurunan berat badan.

"Kalau kita tetap tidak bisa mengendalikan diri, sesuatu yang menjadi harapan kita setelah Ramadan justru jauh dari harapan. Seharusnya, setelah ramadan kita jadi lebih baik untuk semua hal, termasuk mengendalikan makan," kata Ari menambahkan.

Ari mengingkatkan, Islam menganjurkan masing-masing umat-Nya untuk tidak berlebihan dalam hal apa pun. Terlebih di bulan puasa ini, yang seharusnya mudah bagi kita untuk mengendalikan nafsu makan. Kalau kita benar dalam melaksanakan ibadah puasa ini, mudah bagi kita menurunkan berat badan.

"Asupan makan yang kurang selama berpuasa menyebabkan asupan kalori berkurang. Dan ini menyebabkan terjadinya penurunan berat badan," kata Ari.

"Bagi orang-orang yang berpuasa, tapi berat badan tidak turun bahkan cenderung naik, boleh disebutkan sebenarnya tidak melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya," kata Ari menambahkan.

Menurut Ari, masih ada waktu untuk memperbaiki diri untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Mengingat masih ada sisa 10 hari ke depan.

Pesannya, perhatikan porsi dalam menyantap takjil ketika berbuka. Usahakan tidak macam-macam, dan cukup tiga buah kurma dan semangkuk kecil kolak. Tidak lupa, didahului dengan segelas air putih hangat.

"Makan besar buka puasa usahakan hanya satu lauk saja. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula pasir yang membuat asupan kalori menjadi tinggi," kata Ari. Terpenting, rutin juga mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.