Sukses

Menkes Hadiri Sidang Kesehatan Dunia di Swiss

Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) dan Delegasi RI (Delri) bertolak ke Geneva, Swiss, untuk membicarakan isu kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membicarakan isu-isu kesehatan terkini, Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) dan Delegasi RI (Delri) bertolak ke Geneva, Swiss, Selasa (19/05/2015). Beliau dan 194 Menteri Kesehatan dari negara anggota WHO lainnya menghadiri `World Health Assembly` (WHA) ke-68.

Pada pertemuan tersebut, ada tiga isu yang menjadi fokus perhatian Indonesia, yaitu polio, antimicrobial resisstence (AMR), dan pandemic influenza preparedness (PIP). Sedangkan dalam beberapa sidang komisi, Indonesia akan fokus pada pembahasan mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM), penyakit menular, gizi serta kesehatan ibu dan anak (promoting health through the life course), sistem kesehatan, serta kesiapsiagaan, surveillance, dan respon terhadap penyakit.

Selain menghadiri sidang pleno, Menkes juga akan melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan Menkes dari 6 negara, yaitu dengan Menkes Belanda, Menkes Swiss, Menkes Norwegia, Menkes Finlandia, Menkes Kuba, dan Menkes Selandia Baru.

Pada kesempatan berbeda, Menkes juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan organisasi nasional Swiss, di antaranya dengan Direktur Jenderal WHO Margareth Chan; WHO SEAR; Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI); Global Fund (GF), UNAIDS, Partnership for Maternal and Child Health (PMCH). Pertemuan lain yang dijadwalkan dihadiri Menkes RI adalah dengan Non Align Movement (NAM) dan Foreign Policy and Global Health (FPGH).

Delegasi Indonesia yangdipimpin oleh Menteri dengan anggota dari Kemenkes, Kemenlu, BPOM dan PT. Biofarma. Siang ini waktu setempat, seluruh delegasi RI juga diagendakan bertemu dengan 11 negara anggota WHO SEAR di kantor Palais des Nations.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini