Sukses

Hari Kartini, Ikuti Deteksi Dini Kanker Serviks Serentak

Liputan6.com, Jakarta Iriana Jokowi yang juga pemimpin OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era) Kabinet Kerja meluncurkan program Pencanangan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks pada Perempuan Indonesia di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (21/4/2015), tepat pada peringatan Hari Kartini.

Upaya OASE menggagas program ini demi menekan jumlah penderita kanker serviks di Indonesia  yang sudah menduduki peringkat kedua sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita di Indonesia.

Pada hari ini juga, OASE menggelar aksi deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tes ini bisa dilakukan di puskesmas maupun bidan yang sudah terlatih. 

"Tim Penggerak PKK beserta kader harus aktif melakukan pencegahan dan deteksi kanker serviks pada perempuan,"ujar Iriana dalam sambutannya. Iriana juga mengingatkan, para perempuan yang sudah menikah dan pernah melakukan hubungan seks wajib menjalankan tes ini demi pencegahan.

Dalam acara ini hadir juga antara Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Penggerak PKK Nasional.