Sukses

Tak Perlu Tengok Kiri Kanan Saat Nyeberang Jalan, Ada Cara Baru

Tatap mata pengemudi agar Anda lebih aman saat menyebrang jalan.

Liputan6.com, New York- Sejak kecil orangtua mengajari agar Anda menengok kiri dan kanan sebelum menyeberang jalan, untuk memastikan tempat penyeberangan aman dilalui.

Kini ada cara baru yang dikenalkan para ilmuwan yang menuliskan hasil penelitian ini dalam Jurnal Safety Science Edisi Juni 2015. Tak perlu lagi tengok kiri dan kanan saat menyebrang jalan, cukup lakukan kontak mata dengan pengemudi kendaraaan.

Peneliti yang terlibat dalam studi ini telah melakukan taktik menatap mata 2560 pengemudi. Hasilnya, ketika pejalan kaki melakukan kontak mata dengan pengemudi sopir mobil, bus atau motor saat menyebrang, pengemudi akan mengurangi laju kecepatan kendaraannya.

Sedangkan, bila pejalan kaki hanya melihat ke arah mobil bukan mata pengemudi hanya 55 persen yang memperlambat laju kendaraan. Menurut peneliti, trik sederhana ini memperbesar angka keselamatan seseorang kala menyeberang jalan.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa kontak mata dengan pengemudi menimbulkan kesan dominan dari sang pejalan kaki sehingga membuat pengemudi memperlambat laju kendaraan seperti dilansir Good Housekeping, Kamis (9/4/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini