Sukses

Cara Gampang Usir Nyeri Akibat Ambeien

Anda yang kerap repot dan bingung menghadapi wasir, cobalah cara sederhana ini agar tak pusing

Liputan6.com, Jakarta Anda yang kerap repot dan bingung menghadapi wasir (ambeien), cobalah cara sederhana ini agar tak pusing. Campur air hangat dengan cairan antiseptik lalu rendam bokong selama 15-30 menit. Metode ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri di area bokong karena wasir. 

Spesialis Bedah dari Pusat Pengobatan Wasir Modern (Rumah Wasir), dr. Panondang, Sp. B menjelaskan, rasa nyeri kerap terasa ketika terjadi peradangan di pembuluh darah anus.

"Maka itu, ketika meradang bokong langsung direndam di air hangat dan campuran antiseptik, membuatnya jadi rileks. Dan yang bengkak itu mengempes," kata Panondang dalam diskusi bertajuk `Wasir Tuntas Hanya 15 Menit` di Rumah Wasir, Bekasi, Rabu (8/4/2015)

Kegunaan dari cairan antiseptik, jelas Panondang, untuk membersihkan kuman di sekitar anus. "Lakukan ini dua kali sehari. Pagi hari dan malam sebelum tidur. Kalau di kamar mandingnya tidak ada bath-ub, gunakan saja baskom besar untuk merendam bokong," kata dia menerangkan.

Harus diingat, perendaman ini hanya bersifat sementara saja. Apabila wasir tergolong parah, harus menjalani prosedur operasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.