Sukses

Anjing Bisa Deteksi Kanker Tiroid

Frankie, anjing ini mampu mendeteksi adanya kanker tiroid dalam tubuh manusia.

Liputan6.com, New York- Anda pasti tahu bahwa anjing memiliki indra penciuman yang baik. Dan ada Frankie, seekor anjing jenis German shepherd mampu mendeteksi adanya kanker tiroid pada seseorang dengan penciumannya seperti yang diungkapkan para peneliti asal Amerika Serikat.
 
Anjing ini telah melakukan tes dengan mengendus 34 pasien dan tingkat keberhasilannya dalam menemukan kanker tiroid pada tubuh seseorang mencapai 88 persen.
 
Tiroid sendiri merupakan kelenjar di leher yang menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Lalu, tumor tiroid realtif jarang dan untuk mengujinya perlu dengan menentukan kadar hormon dalam darah lalu dilakukan pengujian. Hal ini membuat tim peneliti menyatakan dalam pertemuan tahunan Endocrine Society bahwa anjing memiliki indra penciuman yang luar biasa.
 
Tim peneliti yang berasal dari  University of Arkansas for Medical Sciences menyatakan bahwa saat Frankie berbaring ia bisa mengendus adanya kanker dalam tubuh seseorang seperti dilansir NY Daily News, Senin (9/3/2015).
 
"Kemampuan anjing untuk mencium aroma dalam hitungan menit sangat luar biasa. Komunitas medis dalam beberapa tahun ke depan akan memberi apresiasi terhadap anjing-anjing ini," terang kepa endokrin onkologi dari University of Arkansas for Medical Sciences, dr. Donald Bodenner. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker tiroid merupakan penyakit yang ditandai tumbuhnya sel tumor ganas di kelenjar tiroid (organ yang terletak pada leher bagian depan)

    Kanker Tiroid

Video Terkini