Sukses

Saat Telinga Kemasukan Air, Ini Triknya

Ada langkah mudah yang dapat diambil untuk mengatasi telinga berdenging (tinitus) akibat kemasukan air setelah mandi atau berenang.

Liputan6.com, Jakarta Ada langkah mudah yang dapat diambil untuk mengatasi telinga berdenging (tinitus) akibat kemasukan air setelah mandi atau berenang. Sebelum pemberian tetes telinga, Anda bisa memanfaatkan air lagi untuk menghilangkan denging.

Spesialis Telinga Hidung Tenggorok RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, Sp THT-KL(K) menuturkan, ketika kemasukan air, ada cara mudah  yang bisa dilakukan apabila kita tahu telinga kita tidak berlubang.

"Bila kemasukan air, masukkan air lagi sampe penuh dan buang. Kalau tidak keluar lagi berarti ada kotoran telinga atau serumen. Jika ini terjadi, nggak usah khawatir, konsultasikan hal ini ke dokter tapi tidak boleh mengoreknya."

Selebihnya, kata Zainul, hindari penggunaan cotton bud dan kuku. "Penggunaan cotton bud yang kecil dibolehkan untuk mengorek kuping bagian luar. Meski begitu cara ini tidak disarankan karena dikhawatirkan akan mendorong kotoran telinga (serumen) dan membuat telinga yang sensitif menjadi infeksi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini