Sukses

Kiat Bebas Nyeri Kala Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Menstruasi dan segala kondisinya tidak dapat dipisahkan begitu saja dari kehidupan seorang wanita. Namun, kram saat menstruasi merupakan kondisi yang dianggap paling menyebalkan ketika `kedatangan tamu`.

Untungnya para peneliti telah menemukan cara yang tepat untuk menghindari rasa sakit ketika kram saat menstruasi menyerang. Perubahan diet yang sederhana, dapat membantu wanita mengurangi rasa sakit.

Dari hasil penelitian yang diterbitkan ke dalam Obstetrics & Gynecology pada Februari 2000, ditemukan bahwa diet rendah lemak dan vegetarian secara signifikan dapat mengurangi nyeri dan gejala dari PMS. Terlebih bila wanita mampu menghilangkan semua lemak hewan di kehidupan sehari-harinya, terlebih saat menstruasi tiba.

Pakar Gizi Makrobiotik dari India, Shonali Sabherwal, menjelaskan, diet kaya serat dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, teh hijau, dan teh chamomile sangat bagus agar terhindar dari rasa sakit ketika kram saat menstruasi terjadi.

"Komposisi darah kita tergantung pada makanan yang kita santap. Makanan yang baik akan membuat darah menjadi baik pula," kata Shonali. Tapi, bila tubuh terlalu banyak dimasukan makanan dan minuman yang berasal dari hewan, susu, gula halus, tepung putih, dan kimia tambahan lainnya, darah akan menjadi berat dan penuh lendir yang membuat menstruasi menjadi sangat menyakitkan.

Dijelaskan Shonali, bila dua minggu sebelum menstruasi seorang wanita menjalani pola makan vegetarian, maka dia juga akan terhindar dari kondisi yang tidak mengenakan ini.

Selain itu, saat menstruasi itu terjadi, cobalah untuk rutin mengonsumsi camilan sehat ketika pukul 04:00 sore. Alasannya, jam-jam itu merupakan waktu rawan seseorang merasakan lapar.

Dia pun merekomendasikan untuk mengonsumsi biji wijen dan biji bunga matahari yang tinggi vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meredakan nyeri haid.

Melansir Times of India, Sabtu (24/1/2015) , Shonali mengimbau agar tidak meninggalkan tubuh dalam keadaan dehidrasi. Caranya, konsumsilah peterseli, seledri, dan jahe yang tinggi vitamin D dapat membantu wanita mendapatkan cairan dalam jumlah yang cukup.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS