Sukses

Selain MSG, Gunakan Bahan Ini agar Masakan Lebih Sedap

Makanan dengan tambahan penyedap rasa atau Monosodium glutamate (MSG) faktanya memang lebih enak

Liputan6.com, Jakarta Makanan dengan tambahan penyedap rasa atau Monosodium glutamate (MSG) faktanya memang lebih enak. Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan, MSG bisa meningkatkan intensitas keempat rasa dasar (manis, asin, pahit, dan asam) dan memberikan rasa tambahan yaitu umami yang membuat air liur menetes.

Kita juga tidak bisa menghindari masakan yang mengandung MSG di tempat-tempat makan. Padahal, yang dikhawatirkan adalah kelebihan konsumsi harian MSG ( dilihat dari makanannya, dosis MSG yang sesuai anjuran itu 0,2 sampai 0,8 persen dari berat masakan) yang dalam sejumlah penelitian disebut bisa memberikan efek seperti misalnya tidak enak di leher, rasa tebal di muka, rasa mual, jantung berdebar, sakit dada, dan lain-lain.

Dalam buku yang ditulis oleh para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi, Nutrifood yang berjudul 101 Mitos Kesehatan ada pernyataan menarik yang menyebutkan bahan-bahan pengganti MSG yang dapat memberikan rasa umami.

"Rasa umami bisa kita dapatkan dari jamur shitake, keju cheddar, tomat, kentang, kol, kaldu ayam dan sayuran. Tips bagi Anda yang suka memasak, padukan sayuran kaya umami tersebut kedalam kaldu ayam atau kaldu daging sapi sehingga rasa yang dihasilkan lebih gurih," tulis buku tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini