Sukses

Ini Dia Alasan Kenapa Banyak Wanita Enggan Mamografi

Liputan6.com, Jakarta Para pakar kesehatan sadar betul bahwa sesuatu yang dijepit memang tidak mengenakkan, sehingga mereka tahu alasan yang membuat  sedikit sekali perempuan mau melakukan mamografi secara rutin.

"Terkadang mereka merasa dipermalukan oleh situasi, membuat mereka akhirnya tidak enak dan nyaman. Maka itu, sedikit sekali yang mau mammografi, dan jumlah penderita kanker payudara semakin bertambah," kata Aru W. Sudoyo, MD, FINASIM, FACP dari Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Mamografi merupakan pemeriksaan khusus payudara untuk mendeteksi keberadaan tumor atau kanker payudara. Pemeriksaan ini dianjurkan bagi mereka berusia 20 sampai 30 tahun agar dapat mendeteksi secara dini kemungkinan timbulnya tumor atau kanker payudara.

Untuk pemeriksaannya sendiri, ada yang menganjurkan satu tahun sekali, dan ada pula yang dua tahun sekali. Bagaimana pun, kata Aru, di sela-sela waktu melakukan mamografi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sendiri yang juga dilakukan secara rutin.

"Takutnya, di sela mamografi sekarang ke mamografi yang selanjutnya, justru sel-sel yang tidak diharapkan berkembang. Agar ini tak terjadi, harus melakukan pemeriksaan lainnya," kata Aru dalam diskusi yang diadakan oleh GE Healthcare di Hotel J.W. Marriot, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/12/2014)

Aru menjelaskan, kondisi tidak mengenakan sepert melakukan mamografi turut dialami oleh pria, saat pemeriksaan prostat. Tak heran juga bila sedikit sekali pria yang rutin melakukan pengecekan itu.

Loading